STKIP Muhammadiyah Bulukumba
#

Terus Berbenah, STKIP Muhammadiyah Bulukumba Segera Jadi Universitas

Selasa, 29 Januari 2019 | 23:13 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Civitas akademik Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bulukumba terus melakukan pembenahan secara internal dan sekaligus memohon dukungan kepada Pemkab dan DPRD Bulukumba. Ini dilakukan karena kampus yang setiap tahun menghasilkan sarjana pendidik ini, tidak lama lagi akan berubah status menjadi Universitas. 

Harapan tersebut dikemukakan Ketua STKIP Bulukumba Jumasse Basra, didampingi pimpinan perguruan tinggi lainnya saat berkunjungan ke Gedung Dewan dan diterima Ketua DPRD Bulukumba, Andi Hamzah Pangki di ruang kerjanya, Selasa (29/1/2019).

pt-vale-indonesia

Jumasse Basra mengaku, saat ini STKIP Bulukumba tengah mengajukan dokumen rencana peningkatan status perguruan tinggi yang dipimpinnya dari STKIP menjadi Universitas Muhammadiyah Bulukumba. Dengan begitu, nantinya sudah bisa menyamai Universitas Muhammadiyah (Unismuh) di Makassar.

”Kami memang sengaja ke gedung wakil ini untuk meminta dukungan dari DPRD dalam bentuk tertulis, agar STKIP bisa naik kelas menjadi Universitas. Sebab menjadi syarat untuk menjadi Universitas harus mendapat dukungan DPRD dan Pemkab Bulukumba. Tanpa dukungan pemerintah daerah, itu mustahil bisa  tercapai,” papar Jumasse.

Dikatakan, dalam rangka peralihan STKIP menjadi sebuah Univetsitas pihaknya telah mengajukan program studi (Prodi) baru seperti, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Peternakan, Sains Aktuaria, Agribisnis, Agrotek, Biologi dan Kimia.

Khusus untuk Prodi Sains Aktuaria, Jumasse mengaku, merupakan prodi pertama yang ada di Sulawesi Selatan. Prodi tersebut akan menjadi keunggulan tersendiri buat kampus Muhammadiyah Bulukumba.

”Jadi di Sulsel belum ada Prodi Aktuaria. Hanya ada beberapa kampus di Indonesia yang melaksanakan prodi itu. Dan salah satu Perguruan Tinggi menerapkan prodi itu yakni Institut Tekhnologi Sepuluh November (ITS) Surabaya,” terang mantan Ketua PGRI Bulukumba ini.

Ketua DPRD Bulukumba, Andi Hamzah Pangki mengaku sangat mendukung STKIP dapat naik tingkat menjadi universitas. Dengan adanya universitas di daerah ini, maka itu akan sejalan dengan peningkatan kualitas pendidikan di Bulukumba dan mampu bersaing dengan daerah lain.

”Tentunya dengan adanya universitas di Bulukumba, ini juga dapat mendorong pengembangan dan penyiapan sumber daya manusia yang lebih baik dan tangguh,” tandas politisi Golkar Bulukumba ini.(*)


BACA JUGA