Logo Tirta Jeneberang

Tahun Ini PDAM Gowa Siapkan 1200 Sambungan Gratis Untuk Warga Kurang Mampu

Selasa, 05 Februari 2019 | 19:22 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa, tahun ini akan menyiapkan sebanyak 1200 sambungan gratis bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah (MBR) atau masyarakat kurang mampu.

“Tahun ini khusus MBR kita siapkan 1200 pemasangan baru atau sambungan gratis. Namun untuk jalur sambungan reguler kita tiadakan untuk saat ini,” kata Dirut PDAM Tirta Jeneberang, H Hasanuddin Kamal.

Tahun lalu, lanjut Hasanuddin Kamal, ada sekitar 1.250 pelanggan yang terpasang semuanya dari golongan masyarakat berpenghasilan rendah, di mana biaya pemasangannya digratiskan oleh pihak PDAM Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa.

“Jadi setiap tahun ini ada penambahan pelanggan, terutama bagi masyarakat yang kurang mampu. Tahun lalu itu ada sekitar 1.250 pelanggan yang terpasang semuanya dari golongan masyarakat berpenghasilan rendah, di mana biaya pemasangannya kita gratiskan,” lanjutnya.

Hanya saja, Hasanuddin Kamal juga menjelaskan bahwa untuk saat ini PDAM Tirta Jeneberang tidak akan menambah pelanggan atau pemasangan baru sambungan air bersih bagi masyarakat umum atau reguler. Hal tersebut dilalukannya terkait kapasitas atau produksi air baku saat ini terbatas.

“Sebelum terjadi musibah banjir beberapa waktu lalu produksi air itu mencapai 592 liter perdetik, namun pasca banjir kini menurun menjadi 590 liter perdetik. Ini berpengaruh pada pasokan air bersih kepada masyarakat khususnya pelanggan kita,” tambahnya.(*)


BACA JUGA