Warga Desa Tamaona, Kecamatan Kindang, melakukan aksi tanam pohon di jalan, Kamis (7/2/2019).
#

Marah Jalanan Lama Tak Kunjung Diaspal, Warga Desa Tamaona Tanam Pohon di Jalan

Kamis, 07 Februari 2019 | 16:12 Wita - Editor: Irwan AR - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM — Merasa kecewa dengan sikap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba Bulukumba yang tidak kunjung memperbaiki jalan yang sudah cukup lama belum di aspal Warga Desa Tamaona, Kecamatan Kindang, melakukan aksi tanam pohon di jalan, Kamis (7/2/2019).

Aksi yang dilakukan masyarakat Dusun Galunglohe, Desa Tamaona yang menanami jalan dengan pohon pisang dan kopi terpaksa tidak bisa diakses masyarakat yang akan ke Desa Anrang dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Menurit Irfan, aksi ini dilakukan sebagai bentuk kekecewaan warga setempat karena jalan didesanya belum tersentuh perbaikan atau pengaspalan. Padahal masyarakat kerap menyampaikan aspirasi untuk perbaikan melalui musrenbang.

“Kami selalu diberi harapan mulai dari Pemkab Bulukumba sampai anggota DPRD. Jalan desa kami selalu dijanji akan di aspal. Tapi buktinya apa, kami hanya selalu dijanji dan diberikan harapan palsu alias PHP,” tutur Irfan yang diamini warga setempat.

Senada dengan itu, Ikhwan yang juga warga setempat, mengakui sejak jalan desa tersebut ada dan statusnya merupakan jalan kabupaten, belum pernah tersentuh pengaspalan. Padahal warga sudah sering menyuarakan untuk segera dilakukan perbaikan.

“Jadi wajar saja jika masyarakat kecewa karena merwka merasa Pemerintah tidak memperhatikan kondisi yang dialami. Jika akses jalan di desa kami bagus, maka itu sangat membantu aktivitas warga terutama kegiatan perekonomian bisa lebih meningkat,” ujarnya.

Terpisah, Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, mengaku segera mengkoordinasikan persoalan ini ke Dinas Pekerjaan Umum, apakah sudah diusulkan atau belum.

“Kita akan mengcoschek dulu untuk mengetahui status ruas jalannya. Apakah masih kewenangan Pemerintah desa atau sudah beralih ke Kabupaten. Tapi yang pasti pemerintah selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk rakyat,” jelas wabup. (*)


BACA JUGA