Andi Muhammad Fathan Chaidir, Juara I Pencak Silat Kategori Tanding Kelas C Putra dalam Kejuaraan Pencak Silat Terbuka Perguruan Pencak Silat (PPS) Paku Bumi Open VI 2019
#

Fathan, Pendekar Silat Asal Maros Juarai Turnamen Internasional

Senin, 11 Februari 2019 | 12:14 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Pesilat muda asal Sulsel, Andi Muhammad Fathan Chaidir berhasil menjuarai kejuaraan pencak silat berlevel internasional.

Putra Ketua DPRD Maros, H Andi Safril Chaidir Syam itu, meraih Juara I Pencak Silat Kategori Tanding Kelas C Putra dalam Kejuaraan Pencak Silat Terbuka Perguruan Pencak Silat (PPS) Paku Bumi Open VI 2019.

pt-vale-indonesia

Kejuaraan antar pelajar SD, SMP dan mahasiswa yang diikuti 3.100 peserta dari Asia dan Eropa tersebut, berlangsung di GOR Padjadjaran dan GOR Tri Lomba Juang Bandung, pada pada 31 Januari hingga 3 Februari lalu. Dalam kejuaraan ini, Sulsel mengikutkan 6 pesilat 1 pelatih.

Andi Muhammad Fathan Chaidir mengaku belajar pencak silat sejak bangku sekolah menengah pertama di SMP Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Makassar.

Kejuaraan tersebut sangat berkesan baginya, selain bertemu dengan pesilat dari berbagai negara, kejuaraan ini juga menjadi ajang menunjukan kemampuan terbaiknya dalam pencak silat. Saat akan ikut kejuaraan ini, dirinya mempersiapkan dari sejak awal, baik fisik maupun mental. Juga mempermantap teknik saat persiapan, seperti teknik bantingan dan guntingan.

“Tidak lupa perbanyak doa dan ibadah kepada Allah. Berharap semoga bisa memberikan yang terbaik,” ujarnya, saat ditemui, Senin (11/2/2019).

Dia mengaku saat pertama bertanding agak tegang dan sempat gugup, sebab dirinya bertekad memberikan yang terbaik di ajang tersebut.

“Saya tetap semangat dan yakin bisa memberikan terbaik karna dengan dukungan Allah, orang tua dan keluarga, pelatih, dan semua teman-teman saya, pasti bisa menjadi juara dan Alhamdulillah, saya mampu menjadi yang terbaik dan bisa menjadi juara pada ajang tersebut,” jelasnya.

Atas juara tersebut, dia menyampaikan rasa syukur kepada Allah dan berterima kasih kepada keluarga, juga pelatih dan teman-tema yang sudah mendukungnya.

“Harapan saya kedepan, saya mampu menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan bisa memberikan yang lebih baik pula dan tidak pernah berhenti berproses untuk jadi lebih baik lagi. Karena saya yakin kedepan banyak kejuaraan-kejuaraan, kompetisi dan kegiatan lain yang dapat saya ikuti dan bisa membuat bangga kedua orangtua saya, keluarga saya, dan teman-teman saya,” paparnya.

Selain juara Paku Bumi Open VI, siswa Sekolah Bosowa School Makassar ini juga pernah menjuarai Juara 1 Paku Bumi Open II, Juara 2 Paku Bumi Open III dan Juara 3 Yogjakarta Champion Ship.

Sementara itu, H Andi Safril Chaidir Syam mengatakan sebagai orangtua dirinya sangat bangga dan bersyukur dengan prestasi yang diraih putranya tersebut.

“Kami akan selalu mendukung ananda Andi Muhammad Fathan Chaidir untuk meraih prestasi,” ucapnya.(*)