Pemkab Maros kembali menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan di Kecamatan Marusu, Rabu (13/2/2018)
#

Wabup Maros, Masyarakat Mesti Proaktif Usulkan Program di Musrenbang

Rabu, 13 Februari 2019 | 15:03 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Pemkab Maros kembali menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan. Kali ini dilaksanakan di Kecamatan Marusu, Rabu (13/2/2018).

Musrenbang dihadiri Wakil Bupati Maros, H.A Harmil Mattotorang, Ketua DPRD Maros, H.A.S Chaidir Syam, anggota DPRD Maros, H Mampawa dan Hj Suriani, serta sejumlah kepala dinas. Musrenbang ini diikuti camat, kepala desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, organisasi pemuda dan masyarakat Marusu.

Harmil Mattotorang menyampaikan, Musrenbang merupakan salah satu instrumen yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengusulkan program-program pembangunan di daerahnya masing-masing. 

Musrenbang bukan sebuah formalitas belaka, yang asal jadi, asal ada, asal menggugurkan kewajiban tapi Musrenbang harus menjadi wadah pengusulan program yang dibutuhkan masyarakat sehingga tepat sasaran.

“Karena itu, masyarakat Marusu mesti proaktif memberikan usulan program kepada pemerintah saat Musrenbang agar pembangunan daerah tepat sasaran sesuai kebutuhan masyarakat itu sendiri,” jelasnya.

Program tersebut semisal peningkatan ekonomi dan kesejahteraan, sebab Marusu merupakan salah satu kecamatan yang memiliki kawasan industri, maka industri yang berada di Marusu mesti mampu menyerap tenaga kerja lokal.

Sementara itu, Camat Marusu, Andi Wandi Bangsawan Putra berharap aspirasi masyarakat Marusu melalui Musrenbang ini dapat diterima dan terealisasi nantinya dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun anggaran 2020 mendatang.

“Musrenbang ini menjadi wadah untuk menjaring aspirasi masyarakat. Musrenbang tahun ini bertema pemantapan pembangunan ekonomi, SDM, infrastruktur, dan pelayanan publik bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat sesuai visi Maros Lebih Sejahtera 2021,” ujarnya.(*)


BACA JUGA