NA dan Jokowi beberapa waktu lalu/IST
#

Survei Terakhir CRC, Jokowi-Maruf Rawan Kalah di Sulsel

Rabu, 20 Februari 2019 | 21:31 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Direktur lembaga survei dan konsultan politik Celebes Research Center (CRC), Herman Heizer menyebut petahana Joko Widodo-KH. Ma’ruf Amin saat ini masih dalam posisi rawan. 

Herman mengatakan, dari hasil survei terakhir yang dia lakukan, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf berada di angka 56,1 persen, penantang Prabowo Subianto – Sandiaga Salahuddin Uno 31,7 persen. Sementara responden yang tidak tahu atau tidak jawab sebesar 12,2 persen.

Dia menuturkan, dari pengalaman Pilkada, calon petahana selalu berada di persentase survei 60 sampai 65 persen.

“Angka itu bagi seorang incumbent kan belum terlalu aman. Pengalaman Pilkada selama ini seorang incumbent itu di angka 60 sampai 65 persen,” kata Herman saat ditemui di Black Canyon Coffee, Jalan Hertasning, Makassar, Rabu (20/2/2019).

Bahkan, dia menyebutkan, khusus di Sulsel cerminan survei yang dia lakukan, posisi Jokowi-Ma’ruf masih sangat rawan. Menurut dia elektabilitas Jokowi di Sulsel masih di bawah angka 50 persen.

“Sementara pak Jokowi-Ma’ruf secara nasional baru 56 persen, terutama di Sulsel masih di bawah 50 persen. Jadi masih rawan,” tandasnya.(*)


BACA JUGA