#

Empat Anak Wakili Bulukumba di Ajang Pemilihan Duta Anak Tingkat Sulsel

Minggu, 24 Februari 2019 | 22:45 Wita - Editor: Irwan Idris - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Sebanyak 29 peserta perwakilan dari 10 kecamatan di Bulukumba lakukan unjuk kebolehan pada malam Grand Final pemilihan Duta Anak tingkat Kabupaten Bulukumba yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) kerjasama Forum Anak Panrita Lopi, di Hotel AGRI, Sabtu (23/2/2019).

Pada malam Grand Final tersebut lima anggota dewan juri akhirnya menetapkan empat siswa sebagai pemenang masing-masing dua putra dan dua putri sebagai Duta Anak mewakili Bulukumba di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. 

pt-vale-indonesia

Keempat anak tersebut adalah Andi Ahmad Alfarabi dari Kecamatan Rilau Ale, Muh. Rafliansyah Saputra dari Kecamatan Ujungloe, Aulia Salman dari Kecamatan Ujung Bulu, dan Qaiatul Muallina dari Kecamatan Bulukumpa.

Menurut Kepala DP3A Umrah Aswani, kegiatan tersebut sudah terprogram setiap tahunnya oleh Forum Anak secara rutin dilaksanakan untuk memilih Duta Anak Kabupaten Bulukumba.

Keberadaan Forum Anak Panrita Lopi, kata Umrah menjadi wadah menuangkan aspirasi atau sebagai tempat mereka berkumpul dan berdiskusi untuk kemudian diusulkan di rencana dan pelaksanaan pembangunan daerah.

“Pemilihan Duta Anak ini juga salah satu indikator penilaian Kabupaten Layak Anak, bahwa kita telah memberikan ruang kepada Forum Anak untuk melaksanakan kegiatan dalam rangka penyaluran bakat dan kreatifitas anak,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto, mengapresiasi para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hadir pada malam Grand Final Pemilihan Duta Anak. Karena berbicara tentang anak maka itu menjadi urusan multi sektor bukan semata-mata tugas Dinas PPPA.

“Kegiatan seperti ini adalah investasi jangka panjang untuk memastikan bahwa anak-anak Bulukumba diberikan ruang ekspresi yang sama dengan kelompok lainya. Ini  sebagai bekal mempersiapkan diri anak dalam mengambil alih tongkat kepemimpinan di Kabupaten Bulukumba,” beber Tomy.

Wabup menambahkan, seluruh program yang dibangun pemerintah Bulukumba itu harus mengarusutamakan kepentingan anak, seperti perkantoran ramah anak dan tempat publik lainnya yang ramah anak.(*)


BACA JUGA