Bupati Bulukumba, AM.Sukri A.Sappewali, membuka Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) ke-5 tingkat Kabupaten Bulukumba, di Lapangan Olahraga Andi Mappiwali, Kelurahan Tanuntung, Kecamatan Herlang, Senin (25/2/2019) malam
#

233 Qori dan Hafidz Bulukumba Ramaikan Lomba STQH ke-5 Tingkat Kabupaten di Herlang

Selasa, 26 Februari 2019 | 21:46 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) ke-5 tingkat Kabupaten Bulukumba, resmi dibuka Bupati Bulukumba AM.Sukri A.Sappewali di Lapangan Olahraga Andi Mappiwali, Kelurahan Tanuntung, Kecamatan Herlang, Senin (25/2/2019) malam ditandai pemukulan gong.

Menurut Andi Sukri, pelaksanaan STQH ini selain sebagai ajang silaturahmi sesama muslim dari sepuluh kecamatan, juga diharapkan agar generasi muslim terus mencintai Al Qur’an dengan memadukan seni, ilmu dan agama.

pt-vale-indonesia

“Dengan seni, hidup lebih syahdu, dengan ilmu hidup menjadi enak dan dengan agama hidup menjadi bermakna. Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi barometer untuk mengukur hasil kegiatan pembelajaran Al Qur’an selama ini,” tutur Andi Sukri.

Lanjutnya, “Dengan begitu, diharapkan pula melalui STQH di Kecamatan Herlang, akan lahir Qari, Qariah, Hafids dan Hafidzah yang lebih berkualitas dan mampu berkompetisi di tingkat provinsi.”

Sementara itu Kepala Kemenag Bulukumba Ali Yafid, menyebutkan, kegiatan STQH merupakan wahana  menumbuhkan semangat untuk selalu membaca dan mempelajari Al Qur’an, sehingga benar-benar menjadi pedoman hidup dalam menghadapi derasnya pengaruh globalisasi, terutama kepada generasi muda.

“Kami berharap penilaian yang dilakukan dewan hakim selama berlangsung STQH ini, agar benar-benar obyektif, bebas dari kepentingan dan intervensi,” jelasnya.

Camat Herlang, Jumali S.Sos, dalam laporannya menyampaikan, STQH di Kecamatan Herlang berlangsung dari tanggal 25 Februari hingga 1 Maret mendatang dengan jumlah peserta lomba sebanyak 233 orang dari 10 kecamatan. 

“STQH ini bertujuan untuk mencari dan menyeleksi para Qori-Qori’ah, Hafidz dan Hafidzah sebagai persiapan untuk mengikuti perlombaan ke tingkat Provinsi Sulsel pada April mendatang di Kabupaten Tana Toraja,” jelasnya.

Ia menambahkan, beberapa jenis yang dilombakan di STQH yaitu bidang Tilawah, bidang Hafidz dan Hafidzah, Hafalan Hadits, Tafsir Ayat dan Qasidah Rabbana.(*)


BACA JUGA