Wakil Gubernur Sulawesi-Selatan Andi Sudirman Sulaiman menerima Ikatan Guru Indonesia (IGI) Sulsel di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (14/3).

IGI Minta Wagub Sulsel Buat Perda Perlindungan Guru

Kamis, 14 Maret 2019 | 19:09 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR,GOSULSEL.COM – Wakil Gubernur Sulawesi-Selatan Andi Sudirman Sulaiman menerima Ikatan Guru Indonesia (IGI) Sulsel di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (14/3).

Di hadapan Wagub, Ketua IGI Sulsel M Ramli Rahim mengemukakan maraknya polemik antara guru dan siswa yang semakin memprihatinkan. Terkait hal ini, Ramli mengaku pihaknya sedang menginisiasi pemberlakuan zona khusus yang berlaku hanya di sekolah masing-masing.

pt-vale-indonesia

“Adapun ide atau gagasan ini tidak lepas dari kedekatan antara pihak guru dan orang tua siswa agar tidak terjadi lagi seperti yang kita lihat bersama tentang kejadian yang di Sulbar bahwa orang tua murid pukul guru dan sebagainya,” terangnya.

Ramli Rahim juga berharap Pemprov dalam hal ini Gubernur dapat mengeluarkan Perda yang dapat melindungi guru sehingga tidak terjadi kasus serupa.

“Jika hal tersebut dapat kita wujudkan setidaknya Sulawesi Selatan bisa jadi bahan percontohan di seluruh Indonesia mengenai hal tersebut agar kedudukan guru dapat di hargai dan pihak orang tua murid juga tidak akan semena-mena dengan adanya Perda yang berlaku,” tandasnya.

Menanggapi hal tersebut, Wagub Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan bahwa tentu dibutuhkan kajian sebelum penyusunan Perda.

“Mengingat harus ada kesepakatan dan kenyamanan antara pihak sekolah,guru dan masyarakat yang sebagai orang tua murid nantinya agar tidak terjadi saling menyalahkan di antara pihak pemerintah dan masyarakat di dalam membuat suatu kebijakan,” tegas Andi Sudirman.

Kajian dibutuhkan untuk mengetahui kelayakan dan hal-hal laij yang bisa terjadi jika perda ini nantinya diterapkan.(*)


BACA JUGA