Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan

Penyebab PRDB Gowa Rendah: Warga hanya Pulang Tidur Tapi Aktivitas Belanja di Makassar

Senin, 18 Maret 2019 | 18:04 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL menyebutkan bahwa salah satu faktor yang membuat Kabupaten Gowa sulit menaikkan Pendapatan Daerah Regional Bruto (PDRB) adalah banyaknya warga Gowa yang melakukan aktivitas di Makassar.

Adnan menerangkan jumlah penduduk di Kabupaten Gowa hingga kini mencapai 700 ratus ribu lebih jiwa. Hanya saja, terdata 25 sampai 30 persen penduduk Gowa ini hanya pulang ke Gowa untuk tidur sedangkan untuk mencari nafkah atau bekerja mereka beraktivitas di Kota Makassar.

pt-vale-indonesia

“Penyebabnya adalah karena penduduk Gowa lebih banyak bekerja di Makassar. Mereka hanya kembali ke rumahnya yang ada di Gowa setelah pulang bekerja atau ibaratnya pulang hanya untuk tidur dan istrahat saja. Besok pagi mereka pergi lagi ke Makassar untuk bekerja,” jelas Bupati Adnan, Senin (18/3/2019).

Rata-rata penduduk Gowa, lanjut Adnan, yang menghuni sejumlah perumahan seperti Citraland, Royal Spring, serta perumahan yang bertebaran di Pallangga, Barombong, Pattalassang, Samata dan Bontomarannu, lebih banyak melakukan produktivitasnya di Makassar.

“Itulah salah satu kendala kita. Masyarakat di Gowa memilih bekerja di Makassar karena daerah tersebut merupakan kawasan perkotaan yang terdapat banyak aktifitas perekonomian di dalamnya,” ungkapnya.

“Makanya perhitungan PDRB tidak masuk di Gowa. Itulah kendala kita mengapa kita sulit menaikkan PDRB. Rata-rata warga bekerja di Makassar dan bahkan belanjanya pun di Makassar,” sambung Adnan.

Halaman:

BACA JUGA