Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sulsel, Anwar Abubakar pada acara pembukaan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru PAI di Hotel Romedo Makassar, Rabu (27/3/2019)

Kemenag Sulsel Janji Tunjangan Guru PAI Segera Dibayarkan Awal April

Rabu, 27 Maret 2019 | 19:41 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan segera mencairkan tunjangan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sulsel.

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sulsel, Anwar Abubakar pada acara pembukaan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru PAI di Hotel Romedo Makassar, Rabu (27/3/2019).

“Kita menunggu petunjuk teknis pencairan tunjangan guru PAI, mudah-mudahan akhir Maret ini sudah ada, sehingga awal April sudah dapat diterima oleh guru,” ungkap Anwar.

Selain itu, Kakanwil juga kembali mengingatkan 3 Matra Kementerian Agama yang harus dipahami oleh setiap ASN Kemenag, begitupun halnya guru PAI, sebab guru PAI separuh jiwanya di Kementerian Agama.



“Guru, maupun pengawas PAI setidaknya juga memahami 3 Matra atau Mantra Kementerian Agama, yaitu Moderasi Beragama, Kebersamaan Ummat, dan Integrasi Data,” jelasnya. 

Dijelaskan bahwa Mantra adalah Moderasi Beragama yang diharapkan masyarakat memahami agama secara demokratis, agar tidak tergelincir pada paham-paham ekstrem.

“Yang tak kalah pentingnya menurut kakanwil adalah Kebersamaan Ummat, ini yang harus kita jaga, apalagi dalam suasana menjelang pesta demokrasi, kita diharapkan mampu menciptakan situasi, aman dan kondusif,” ungkapnya.

Kegiatan PKB ini melibatkan 93 orang guru PAI dan 27 orang pengawas PAI se-Sulawesi Selatan yang terbagi dalam 3 angkatan, yaitu tingkat SMA/SMK/SMALB, SMP/SMPLB, dan SD/SDLB.

Turut mendampingi kakanwil pada acara pembukaan, Kepala Bidang PAI Kanwil Kemenag Sulsel H. Muhammad Rasbi, dan seluruh kepala seksi pada Bidang PAI.(*)


BACA JUGA