Aksi untuk memperingati Great Return March of Palestina digelar oleh Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulsel di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (29/3/2019)

MRI – ACT Sulsel Peringati Great Return March of Palestina di Makassar

Jumat, 29 Maret 2019 | 21:13 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Aksi untuk memperingati Great Return March of Palestina kembali digelar oleh Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulsel di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (29/3/2019).

Aksi yang berlangsung di perempatan lampu merah Jl. Boulevard & Jl. Pettarani, Kota Makassar itu terlaksana dengan damai dan tertib. Massa mendesak agar bangsa Palestina mendapat hak kembali hak atas tanah kelahirannya.

Anto selaku koordinator aksi sekaligus orator saat dimintai keterangan mengatakan bahwa MRI ACT Sulsel mendukung berbagai upaya untuk membebaskan Palestina dari penjajahan Zionis Israel. Karena nilai kerelawanan dan kemanusiaan, melampaui batasan etnis dan geografis.



“Kami relawan MRI tidak hanya hadir untuk Indonesia, tapi juga untuk dunia. Jika di Indonesia MRI dengan izin Allah, selalu hadir di lokasi bencana. Maka untuk dunia global, MRI juga selalu menyuarakan kepedulian terhadap mereka yang tertindas dan terzalimi,” jelas Anto.

Sementara itu, Bag. Komunikasi MRI Sulsel, Nurul menjelaskan, 30 Maret 2018 adalah awal lahirnya gerakan Great Return March (GRM), di mana semua warga Palestina di seluruh dunia bergerak kembali ke negaranya. Pergerakan itu untuk bersama-sama berjuang menuju pembebasan Palestina, pembebasan Baitul Maqdis, pembebasan tanah wakaf umat Islam sedunia, pembebasan negeri yang diberkahi Allah SWT.

“Insya Allah ACT akan selalu bersama para pejuang aksi Great Return March dengan mengadakan beberapa program yaitu pelayanan medis, distribusi air bersih dari mobile water tank ACT, juga distribusi makanan siap santap dari dapur umum Indonesia yang ada di Gaza,” terang Nurul.

Pada saat yang bersamaan MRI ACT juga menggelar aksi solidaritas serupa di 10 provinsi, yaitu di Jakarta, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Barat, Bali, Sulawesi Tengah, Maluku dan Maluku Utara.

Sejak akhir Maret 2018 lalu, harapan agar bangsa Palestina mendapat hak kembali hak atas tanah kelahirannya, terus diteriakkan lantang. Aksi besar itu mereka sebut sebagai aksi unjuk rasa Great Return March. Aksi dipusatkan di sepanjang garis batas Gaza dengan Israel.

Namun, hari demi hari tak kunjung membaik bagi bangsa Palestina yang hidup di sepanjang petak perbatasan Gaza. Sejak Zionis memblokade tanah kelahirannya, bangsa Palestina telah mengalami banyak kehilangan. Jiwa, harta, benda, bahkan beberapa menganggap harga dirinya telah terenggut.

Setahun sudah aksi unjuk rasa Great Return March berlangsung. Seiring dengan perjuangan bangsa Palestina yang terus berlanjut, dukungan dari Indonesia pun tidak akan pernah surut.

Dukungan nyata Bangsa Indonesia untuk perjuangan Great Return March, bahkan sudah dimulai sejak pertama kali aksi ini digelar. Setahun silam, kala pertama kali emosi Warga Palestina di Gaza meletup di peringatan 50 tahun Nakba Day, segenap tim relawan ACT tak pernah absen mengawal aksi. Menjaga pasokan air bersih, menyiapkan makan siap santap, sampai menyiagakan ambulans dan tim medis lengkap dengan peralatan medisnya.

ACT membuka kesempatan bagi Sahabat peduli yang ingin berpartisipasi. Salurkan bantuan terbaik Anda melalui rekening atas nama (Yayasan) Aksi Cepat Tanggap :

SULSELBAR Syariah # 5100 5321 0417 1658
BNI Syariah # 777 1659 997
Mandiri # 127 000 781 6596
Muamalat # 8010 1071 82
CIMB Niaga Syariah # 8600 0680 9700

WA Center : 0822 1000 9756
SMS Center : 0822 1000 9756
Hotline : 0821 9224 1414
Careline : 0411 898 6113
Email : [email protected]
Twitter & Instagram : @ACT_Sulsel
FB : AksiCepatTanggapSulawesiSelatan
Website : www.act.id

Branch Office:
Jl. Sultan Alauddin Plaza Ruko BB No.11 Makassar.(*)


BACA JUGA