Asisten Bidang Pemerintahan Kota Makassar, Abdul Azis Hasan

Jelang Pemilu, Kesbangpol Serukan Waspadai Konflik

Sabtu, 30 Maret 2019 | 21:43 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Asisten Bidang Pemerintahan Kota Makassar Abdul Azis Hasan menuturkan, minimnya perhatian dalam mewaspadai potensi konflik di lingkungan masing-masing menjadi pemicu terhadap kejadian konflik di Makassar.

“Pada tahun 2018 lalu, telah banyak kejadian konflik yang terjadi, antara lain, maraknya perkelahian kelompok antar warga, tawuran mahasiswa dan tawuran antar pelajar,” ujar Abdul Azis saat ditemui di Hotel Celebes Indah Makassar, Jalan Gunung Latimojong, Sabtu, (30/3/2019).

pt-vale-indonesia

Dengan adanya kejadian tersebut, Abdul Azis menginginkan agar di tahun 2019 kejadian serupa dapat bisa diantisipasi dan dicegah secara dini. Agar tidak terjadi konflik yang sifatnya meluas dan berdampak pada kelancaran pembangunan.

“Dibutuhkan keterpaduan dan kerjasama antara Pemerintah Kota Makassar, aparat terkait dan masyarakat itu sendiri,” terangnya.

Selain itu, Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional Kesbangpol Makassar Ahmadi Junaid menilai sosialisasi kewaspadaan dini potensi konflik bagi tokoh etnis, tokoh agama, tokoh masyarakat dan aparat kantor kecamatan dilaksanakan berdasarkan program kerja.

Menurutnya, Kota Makassar memiliki keberagaman suku, agama, adat istiadat, dan budaya yang berharga dan harus tetap dijaga kelestariannya. Hanya saja, kata dia, potensi konflik tetap harus menjadi perhatian.

“Namun, dibalik keberagaman itu berbagai dinamika sosial pun mengikutinya, yang mana sangat berpotensi menimbulkan konflik dan setiap saat dapat timbul mengganggu keamanan dan ketenteraman masyarakat Kota Makassar,” kata dia.(*)


BACA JUGA