TINJAU JALUR KERETA API. Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (kanan), dan Dirjen Perkeretapian Kementrian Perhubungan Hermanto Dwiatmoko (kedua kanan) saat meninjau pembangunan jalur kereta api Trans Sulawesi di Kecamatan Tanete Riau, Kabupaten Barru, Rabu 25 November. Pekerjaan jalur kereta api tahap 1 tahun 2015 ini sepanjang 16 klilometer sudah hampir rampung. GO CAKRAWALA/ ZUL KIFLI
#

Menanti Jalur Kereta Trans-Sulawesi

Sabtu, 30 Maret 2019 | 17:51 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo dijadwalkan akan menggelar kampanye di Pulau Sulawesi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (31/3/2019). 

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Amin Erick Thohir menekankan, komitmen Jokowi merawat persatuan dan kesatuan diwujudkan dengan pembangunan yang merata dan berkeadilan.

“Dengan paradigma Indonesia-sentris, kita memastikan konektivitas infrastruktur hingga ke wilayah pelosok nusantara, bukan hanya di Pulau Jawa.” ujarnya. 

Salah satu pembangunan yang sedang dikerjakan Pemerintahan Jokowi adalah jalur kereta Trans-Sulawesi. Tahap pertama yang dibangun adalah jalur Makassar – Parepare sepanjang kurang lebih 145 km. Adapun segmen yang telah rampung adalah jalur Barru-Palanro sepanjang 44 km. 



Selain untuk angkutan penumpang, jalur kereta dirancang untuk memudahkan pengangkutan barang, “Diharapkan adanya efisiensi pengangkutan logistik sehingga bisa menekan biaya pengiriman dan harga menjadi lebih terjangkau. Dengan demikian ekonomi di Sulawesi akan meningkat,” kata Erick. 

“Ini tonggak sejarah baru. Sejak zaman penjajahan Belanda, hanya Jokowi yang berhasil membangun jalur kereta api di Sulawesi.” lanjut Erick.(*)


BACA JUGA