Rektor UMI, Prof Basri Modding, beserta jajarannya saat jumpa pers di Ruang Rapat Senat, Kampus II UMI Makassar, Kamis (2/5/2019)

Resmi Dibuka Hari Ini, Berikut Dua Metode Seleksi Maba UMI

Kamis, 02 Mei 2019 | 18:13 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Penerimaan mahasiswa baru Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar tahun akademik 2019/2020 resmi dibuka. Hal tersebut disampaikan Rektor UMI, Prof Basri Modding, di hadapan awak media, Kamis (2/5/2019).

“Penerimaan maba UMI secara resmi mulai hari ini, jadi bersamaan dengan hari pendidikan nasional,” ujarnya.

Lanjutnya, mulai tahun ini, UMI menerapkan dua sistem model seleksi penerimaan. Pertama, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan kedua ujian tulis dan wawancara bagi yang tidak memiliki sertifikat UTBK.

“Di UTBK ini kita tidak ada ujian tulis lagi, hanya saja ada wawancara di masing-masing fakultas, kecuali di FK, FKG dan Kedokteran Umum tetap ada ujian keterampilan,” jelasnya.

Bagi calon mahasiswa baru yang tidak mengikuti UTBK atau tidak memiliki sertifikat UTBK, maka tetap dapat mendaftar di UMI. Calon maba tersebut akan mengikuti ujian tulis dan wawancara yang akan dilaksanakan oleh UMI.

“Karena kemungkinan saja ada mahasiswa yang tidak ikut UTBK, maka itu juga kita terima dan seleksinya sama seperti tahun lalu, ada ujian tulis dan tetap ada wawancara,” lanjutnya.

Perihal skor UTBK yang ditetapkan lolos tes belum dapat dipastikan. Hal tersebut karena range skor bergantung dari perolehan peserta UTBK dan ujian tulis.

“Karena UTBK ini baru, PTN juga kita belum tahu berapa skornya. Skoringnya nanti tergantung pada peminat. Jadi kita beri range sekian sampai sekian tergantung skor calon maba peserta ujian,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA