Kabasarnas Makassar, Mustari pantau langsung arus mudik di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar

Kabasarnas Makassar Pantau Langsung Arus Mudik di Pelabuhan

Minggu, 02 Juni 2019 | 10:47 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM– Mendekati puncak Idul Fitri, lalu lintas moda angkutan laut kian dipadati oleh penumpang mudik yang berangkat dan tiba di Pelabuhan Makassar. Kantor SAR Makassar telah menyiagakan personil rescuer di Pelabuhan Soekarno Hatta.

Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mustari bahkan melakukan pemantauan langsung ke Posko Terpadu Mudik Lebaran yang ada di Pelabuhan, Jumát (31/5) pagi. Bersama Dirpolairud dan Kaops Syahbandar Utama Makassar, Mustari meninjau langsung muat penumpang KM Sinabung yang akan berangkat dari Pelabuhan Makassar.

“Hari ini kami melakukan pantauan langsung untuk memastikan arus mudik lancar, utamanya di Pelabuhan Soekarno Hatta yang setiap tahun memang selalu ramai penumpang menggunakan moda transportasi Kapal Laut”, terang Mustari.

Di tengah kunjungan, Mustari juga memberikan arahan kepada Personil Basarnas Makassar yang siaga di Pelabuhan untuk melaporkan setiap manifest penumpang yang datang dan berangkat. Serta memberikan bantuan kepada penumpang yang membutuhkan pertolongan dalam arus mudik lebaran ini.

“Äpa yang menjadi tugas kita disini adalah memberikan layanan kepada Masyarakat agar mudiknya bisa lancar dan aman. Kita harus siap memberikan pertolongan kepada yang membutuhkan sesegera mungkin”, lanjut Mustari.

Bertolak dari Pelabuhan Soekarno-Hatta, Rombongan Basarnas Makassar langsung menuju ke Pelabuhan Paotere untuk memantau langsung Kapal dan Recue Boat Basarnas yang disiagakan.

“Untuk mendukung arus mudik jalur laut, Basarnas Makassar menyiagakan KN SAR Antasena dan RB 303 yang stand by di Pelabuhan Paotere. Jika dibutuhkan maka Personil beserta ABK siap untuk melakukan pertolongan”, ungkap Mustari di Pelabuhan Paotere.

Siaga Khusus lebaran ini digelar oleh Basarnas Makassar di beberapa titik-titik strategis, di Pelabuhan Soekarno Hatta juga di Bandara Hasanuddin, Terminal Daya dan Mallengkeri serta ada yang mobilitas dari Makassar ke Pelabuhan Pare-Pare.

Selain itu masing-masing Pos dan Unit Siaga SAR Basarnas yang ada di Bone, Selayar, Mamuju, Palopo dan Bantaeng juga ikut memantau di titik strategis di Bandara Arung Palakka dan Pelabuhan Bajoe Bone, Bandara Aroepala dan Pelabuhan Selayar, Bandara Tampa Padang Mamuju, Bandara Lagaligo Bua Palopo dan Pelabuhan Penyebrangan Leppe’e Bulukumba.

Siaga Khusus Basarnas Makassar ini akan berlangsung hingga arus balik mudik lebaran pada tanggal 13 Juni 2019. (Mirsan)


BACA JUGA