Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan

Modal Politik Adnan Purichta Ichsan Masih Kuat

Minggu, 16 Juni 2019 | 11:13 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Gowa 2020 mendatang, sejumlah kandidat bakal calon Bupati Gowa sudah bermunculan.

Meski begitu, tantangan bagi para figur penantang adalah modalitas politik petahana. Dimana Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan disebut-sebut salah satu bakal calon yang memiliki kematangan persiapan.

Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad mengatakan, sebagai petahana Adnan memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan calon lain.

Salah satunya menurut Firdaus adalah Bupati termuda di Kawasan Timur Indonesia ini masih memiliki kekuatan politik dari kalangan birokrasi dan masyarakat untuk maju kembali di Pilkada mendatang.

“Petahana memiliki kekuatan politik yang memungkinkan maju kembali. Karena petahana tentu memiliki pengaruh di birokrasi dan masyarakat,” ujar Firdaus, Minggu (16/6/2019).

Selain itu, Dosen Komunikasi Politik Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar ini juga menilai bahwa walau saat ini Adnan bukan dari partai, namun figur atau ketokohan seorang Adnan juga akan berpengaruh.

“Ketokohan Adnan selama ini akan berpengaruh juga karena dia incumbent dan Adnan akan bangun komunikasi politik untuk partai pengusung,” lanjut Firdaus.

Namun Firdaus juga menyebutkan bahwa di Pilkada 2020 Adnan akan berhadapan dengan sejumlah penantang yang dianggap cukup kuat.

“Namun akan berhadapan beberapa penantang,” tandasnya.(*)


BACA JUGA