Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Abdul Hayat Gani, melakukan inspeksi mendadak ke kantor BKD Sulsel, Selasa (18/6/2019)

Sekda Sulsel Sebut Kepala OPD Tak Miliki Kesadaran

Selasa, 18 Juni 2019 | 13:31 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Abdul Hayat Gani geram kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkantor di lingkup Kantor Gubernur Sulsel. Pasalnya saat peringatan Hari Kesadaran Nasional kemarin, Senin (17/6/2019) hanya lima kepala OPD yang hadir.

Padahal ada 19 dinas, badan dan biro yang berkantor di Kantor Gubernur. Tak hanya itu pegawai yang ikut pun sangat sedikit, sekitar 50 persen dari ASN.

“Hari Kesadaran Nasional baru tidak hadir, bagaimana anak buahnya mau datang kalau pimpinannya tidak datang. Makanya dibuatkan Hari Kesadaran Nasional karena kita ini banyak yang tidak sadar,” kata Hayat usai melakukan inspeksi mendadak ke kantor BKD Sulsel, Selasa (18/6/2019).

Sidak ini dilakukan untuk mengetahui alasan ketidakhadiran kepala OPD dan ASN dalam upacara tersebut. Seperti diketahui, Abdul Hayat Gani sendiri yang menjadi inspektur upacara saat kegiatan tersebut.

“Hanya lima yang hadir dari 19 yang berkantor di sini, lebih dari setengahnya absen. Ini kita mau cek lagi apa alasannya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel Asri Sahrun Said mengatakan pihaknya sementara mengecek alasan ketidakhadiran masing-masing kepala OPD.

“Yang pasti kita cek kembali apa ada tugas luar atau tanpa keterangan. Itulah diharapkan untuk dilakukan pembinaan. Kita kasih teguran sesuai ketentuan yang ada,” katanya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh beberapa kepala OPD yang hadir diantaranya Kepala Dinas Kependudukan, Catatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Soekarnity Kondolele, Kepala Biro Ekonomi Since Erna Lamba, Kepala Biro Pemerintahan Hasan Basri Ambarala dan Staf Gubernur Mustari Soba.(*)


BACA JUGA