Bupati Adnan Gagas Kebun Raya Malino, Terluas di Indonesia

Jumat, 28 Juni 2019 | 09:34 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus mengembangkan potensi pariwisata. Kali ini Pemkab Gowa menggagas pembangunan kebun raya di Kota Malino Kecamatan Tinggimontong.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengungkapkan bahwa kebun raya yang akan dibangun di Kecamatan Tinggimoncong tersebut digadang-gadang akan menjadi kebun raya terbesar dan terluas di Indonesia.

“Kita memastikan kebun Raya Malino akan jadi terluas di Indonesia, melebihi luas Kebun Raya Bogor 90 Ha,” ungkap Adnan.

Diketahui Kebun Raya Malino akan dibangun di atas lahan seluar 1.113 hektare (ha) dan akan ditanami dengan tanaman aneka tumbuhan endemik yang menjadi ciri khas kota bunga Malino.

Tak hanya itu, Bupati termuda di Kawasan  Timur Indonesia tersebut juga menyebutkan Kebun Raya Malino akan dibangun dengan konsep tematik. Mulai dari tema Asia, Eropa, Afrika dan lainnya. 

“Apalagi dalam sebuah penelitian dari Belanda, menyebut 60 persen jenis bunga di Belanda hidup di Malino. Kebun Raya Malino ini memang dikembangkan untuk bisa menjadi destinasi pilihan selain kebun raya bogor,” Imbuh Adnan.

Sementara itu, untuk rencana pembangunan Kebun Raya Malino tersebut, telah dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Lingkungan Hidup dalam mencapai keinginan tersebut.

Selain itu, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan berencana melakukan pertemuan guna membabas pembangunan kebun raya tersebut dalam waktu dekat.

Senada dengan hal tersebut, Kabag Humas dan Kerja sama Pemkab Gowa Abdullah Sirajuddin juga mengatakan keberadaan kebun raya Malino diharapkan mampu memberikan pilihan wisata bagi masyarakat.

“Dengan hadirnya destinasi Kebun Raya Malino tentu kita menginginkan semakin banyak yang datang dan menikmati keindahan panorama alam yang ditawarkan Malino,” tambahnya.(*)


BACA JUGA