Camat Pallangga Ikut Diklat PIM III

Selasa, 09 Juli 2019 | 16:14 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Sejumlah pejabat struktural eselon III atau pejabat administrator lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mengikuti Diklat PIM III, salah satunya Camat Pallangga, Taufik M. Akib.

Taufik M. Akib mengatakan bahwa Diklat PIM III yang dibuka pada tanggal 28 Juni 2019 lalu akan digelar hingga Oktober 2019 mendatang. “Kegiatannya sampai bulan Oktober mendatang,” ujarnya.

Lanjutnya, Diklat PIM III tersebut digelar untuk mengembangkan kompetensi kepemimpinan pejabat struktural eselon III untuk melaksanakan tugas dan fungsinya di instansi masing-masing.

“Tujuan penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat III adalah untuk mengembangkan kompetensi kepemimpinan taktikal pada pejabat struktural eselon III yang akan berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing,” lanjutanya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kabupaten Gowa, Muh Basir  menyebutkan bahwa kagiatan yang akan berlangsung hingga Oktober 2019 mendatang terdiri dari 240 jam pelajaran klasikal dan 585 jam pelajaran non klasikal dan terbagi dalam 5 tahapan.

“Adapun kelima tahapan tersebut yakni, tahap pertama, diagnosa kebutuhan perubahan organisasi. Tahap kedua, membangun komitmen bersama. Tahap ketiga, merancang perubahan dan membangun tim. Tahap keempat, laboratorium kepemimpinan dan tahap kelima, evaluasi kepemimpinan,” jelasnya. 

Sementara untuk jumlah peserta, Muh Basir juga menyebutkan bahwa diklat PIM III tersebut diikuti sebanyak 40 orang peserta yang berasal dari 3 kabupaten/kota, sesuai dengan rekomendasi Kepala BKPSDM Prov Sulsel.

“Jadi para peserta ini berasal dari 3 kabupaten, 30 orang peserta berasal dari Kabupaten Gowa, 1 orang peserta berasal dari Kota Palopo, dan 9 orang berasal dari Kabupaten Mamasa, di mana pembiayaan kegiatan ini di bebankan dari APBD Kabupaten Gowa Tahun 2019,” tambah Muh Basir.(*)


BACA JUGA