Lokakarya Mini Lintas Sektor di Puskesmas Pallangga, Kamis (6/8/2020)

Evaluasi Puskesmas, Camat Pallangga Harap Optimalkan Pengambilan Hasil Swab

Kamis, 06 Agustus 2020 | 17:19 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Sandi Darmawan - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Puskesmas UPT Pallangga menggelar lokakarya mini lintas sektor sebagai sarana evaluasi terkait pelayanan yang dilakukan selama ini, Kamis (6/8/2020).

Kegiatan itu digelar setiap tiga bulan sekali. Camat Palangga Taufik M. Akib yang hadir dalam kegiatan itu memberi masukan agar pelayanan terkiat pengambilan hasil tes PCR lebih dioptimalkan karena saat ini penanganan Covid-19 masih menjadi prioritas.

“Agar pasien lebih cepat mengetahui keadaannya, sehingga dalam penanganannya bisa dipercepat dan lebih terarah nantinya,” jelas Taufik M. Akib saat dikonfirmasi, Kamis (6/8/2020).

Selain masalah penanganan Covid-19, ia juga berharap agar pelayanan posyandu dapat dioptimalkan, agar ibu dan anak lebih terjaga fisiknya di tengah situasi pendemi seperti ini.



Sementara itu, Kepala Puskesmas Pallangga, dr. Tri Octaviyani MPH menjelaskan terkait pengambilan Swab itu memang menemui kendala karena banyaknya sampel yang harus diuji di BBLK.

“Apalagi lab lainnya sedang disterilisasi, makanya sampel menumpuk di BBLK sana, sehingga pengambilan hasil tes PCR itu lebih lambat dari biasanya,” tuturnya.

Sejauh ini kata dia, untuk puskesmas sendiri setiap harinya masih terus mangambil sampel masyarakat untuk di tes PCR, hanya saja terkendala pada lab tersebut.

“Semoga kedepannya lab-lab lainnya bisa segera digunakan kembali agar hasil tes tersebut bisa lebih cepat dikeluarkan,” tambahnya.

Ia juga menambakan bahwa kedepannya selain merespon cepat pengambilan tes swab tersebut, pihaknya akan mengoptimalkan pelayanan rawat jalan di Puskesmas Pallangga tersebut.(*)


BACA JUGA