Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Gowa melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 100 ekor ternak sapi di Desa Balassuka Kecamatan Tombolopao, Selasa (16/7/2019)

Dinas Peternakan Gowa Periksa Kesehatan 100 Ekor Sapi di Desa Balassuka

Selasa, 16 Juli 2019 | 22:05 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Gowa melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 100 ekor ternak sapi di Desa Balassuka Kecamatan Tombolopao, Selasa (16/7/2019).

Medik veteriner Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Gowa, drh Widodo mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan program Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Gowa.

“Program diantaranya adalah, vaksinasi, pemeriksaaan kebuntingan (PKB), gangguan reproduksi, dan pencegahan penyakit sinkronisasi,” ujar drh. Widodo.

Lanjutnya, Desa Balassuka merupakan salah satu desa yang mejadi tempat pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan terdapat hewan yang mengalami gangguan kesehatan seperti cacingan dan gangguan birahi.



“Memang penyakit yang sering ditemui pada hewan ternak sapi di lapangan adalah penyakit cacingan, penyakit ngorok, dan surra,” kata drh Widodo.

Olehnya itu, ia berharap kepada peternak sapi yang ada di Balassuka setelah kegiatan tersebut sapinya lebih berkembang, tambah populasi, bunting dan tidak ada lagi mengalami gangguan kesehatan. 

Sementara itu, mewakili Pemerintah Desa, Isra Balassuka mengucapkan terima kasih kepada petugas atas kehadiran dan kerjasamanya dalam rangka pemeriksaan kesehatan sapi di Desa Balassuka.(*)


BACA JUGA