Hindari Duplikasi Penerima Bantuan, Dinsos Makassar Update Data Warga Miskin

Kamis, 18 Juli 2019 | 16:46 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Sosial Kota Makassar belum memperbarui data warga miskin yang ada di Kota Makassar. Data update terakhir yaitu empat tahun lalu pada tahun 2015.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Makassar, Akhmad Namsum, mengatakan bahwa agar penerima bantuan tepat sasaran, diperlukan data warga miskin yang update.

“Makanya sekarang, kami sementara mengupdate data. Sesuai Basis Data Terpadu atau BDT, warga miskin di Makassar sekitar 80 ribu orang,” jelas Akhmad.

Ia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pusat untuk melakukan pembaruan data. Hanya perlu menunggu update data di bulan Juli 2019.

Kepala Seksi (Kasi) Jaminan Kesejahteraan Sosial Dinsos Kota Makassar, Muslimin, menyampaikan bahwa saat ini sedang dilakukan sinkronisasi data Dinsos dan Kementerian Sosial (Kemensos). Tercatat ada 85.255 jiwa yang mendaftar di tingkat kelurahan untuk mendapatkan layanan bantuan sosial tahun ini.

Apalagi Kementerian Sosial tengah mengembangkan program sistem informasi kesejahteraan sosial next generation. Agar tidak ada duplikasi penerimaan bantuan, perlu dilakukan pengecekan secara akurat di lapangan.

“Total ada 21.204 keluarga penerima manfaat terkait program keluarga harapan di Kota Makassar. Jumlah ini berdasarkan klasifikasi keluarga termiskin,” ujarnya.(*)


BACA JUGA