ACT dan MRI Sulawesi Selatan mendistribusikan air bersih ke pesisir di Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) yaitu Dusun Marangancang Desa Tama'rupa Kecamatan Mandalle

ACT MRI Sulsel Distribusi Air Bersih ke Pangkep

Kamis, 08 Agustus 2019 | 17:57 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

PANGKEP, GOSULSEL.COM — Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sulawesi Selatan mendistribusikan air bersih ke pesisir di Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) yaitu Dusun Marangancang Desa Tama’rupa Kecamatan Mandalle.

Koordinator Program dari MRI Pangkep, Indah mengatakan bahwa distribusi air bersih tersebut adalah salah satu ikhtiar membantu masyarakat yang kesulitan air bersih di tengah teriknya musim kemarau yang melanda beberapa kawasan di Sulsel maupun di Indonesia pada umumnya.

muhammad-ismak

Lanjutnya, sebanyak 62 Kepala Keluarga (KK) atau setidaknya 210 jiwa mendapatkan manfaat dari program tersebut. Warga secara teratur menyiapkan penampungan air sebelum truk tangki air datang. Dibantu oleh tim MRI Koordinator Daerah Kabupaten Pangkep dan pihak RK setempat, sebanyak 5000 liter air dialirkan mengisi kantong-kantong penampungan yang disiapkan oleh warga.

“Insya Allah, kita akan distribusikan lagi. Ada sedikit kendala teknis sehingga baru sekira 5 kubik air bersih yang kami salurkan. Sulitnya air bersih juga berefek pada beberapa fasilitas umum yang tidak terurus terutama MCK yang ada di rumah masing-masing warga. Bahkan diantaranya ada yang menggunakan air asin untuk kebutuhan MCKnya,” ujarnya, Kamis (8/8/2019).



Indah juga mengatakan ACT bersama MRI akan terus berupaya menghadirkan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat khususnya bagi mereka yang jarang tersentuh dengan bantuan-bantuan kemanusiaan. 

Sementara itu, warga sekitar sangat bersyukur dengan adanya distribusi air bersih tersebut. Salah seorang warga yang tidak mau disebutkan namanya mengungkapkan bahwa sudah 12 tahun warga sekitar tidak mendapatkan bantuan air bersih.

“Sudah 12 tahun kami di sini tidak mendapatkan bantuan air bersih. Dan baru kali ini kami mendapatkannya. Kami bersyukur dan berterima kasih kepada ACT,” jelasnya warga yang enggan disebutkan namanya.(*)

BACA JUGA