FOTO: Suasana tim penilai tingkat nasional dan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat berkunjung ke SMA Negeri 3 Sungguminasa/Kamis, 8 Agustus 2019/Junaedi/GOSULSEL.COM

Tim Penilai Sekolah Sehat Tingkat Nasional Datangi SMP 3 Sungguminasa

Kamis, 08 Agustus 2019 | 19:51 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Tim Penilai Sekolah Sehat tingkat Nasional mendatangi Sekolah Menengah Pertama (SMP) 3 Sungguminasa, Kelurahan Romangpolong, Kecamatan Somba Opu untuk melakukan penilaian, Kamis (8/8/2019).

Tim penilai yang terdiri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Agama RI dan Tim Penilai Provinsi Sulsel diterima langsung oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Ketua Tim Penilaian Sekolah Sehat, Zulkifli mengatakan bahwa jika pada 2018 lalu lomba tersebut diberi nama Sekolah Sehat maka tahun ini ditambah Sekolah Sehat Berkarakter. Tentunya ini akan mengikuti syarat dan penilaian dari lomba tersebut. 

“Kita akan mengukur sejauh mana karakter yang sudah tertanam pada peserta didik yakni bagaimana prilaku hidup bersih dan sehat itu sudah menjadi budaya yang dibangun peserta didik di lingkungan sekolahnya,” ujar Zulkifli.

Lanjutnya, dalam penilaian tersebut pihaknya akan melakukan verifikasi melalui observasi yang dilakukan untuk melihat apakah data yang masuk ke pusat sesuai dengan fakta di lapangan. 

“Ini yang kita nilai apakah standar sekolah sehat yang disusun tim penilai telah terpenuhi di sekolah ini. Jika terpenuhi maka kita pastikan gelar sebagai Sekolah Sehat dan Berkarakter dapat diraih,” katanya. 

Ia menambahkan pada perlombaan sekolah sehat tahun ini ada tiga kategori yang akan diraih setiap sekolah yang ikut yakni best perfomance, best acitmane dan best attitude performance.

Sementara itu, Bupati Adnan mengaku sangat bangga dengan dijadikannya SMP 3 Sungguminasa sebagai penilaian sekolah sehat. Adnan berharap kedepan dengan adanya sekolah sehat tersebut dapat melahirkan sumber daya manusia yang cerdas, sehat dan berkarakter.

“Dengan sekolah sehat inilah kita harapkan akan mencetak sumberdaya manusia yang makin baik dan cerdas sehingga membawa perubahan bagi Sulsel secara khusus dan Indonesia secara umum di masa yang akan datang,” harap Bupati Adnan. (*)


BACA JUGA