FOTO: Bupati Bulukumba, AM Sukri A Sappewali/Rabu, 21 Agustus 2019/Junaid/GOSULSEL.COM
#

Bulukumba Jadi Tuan Rumah Liga Desa Nusantara Provinsi Sulawesi Selatan 2019

Rabu, 21 Agustus 2019 | 16:28 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Kejuaraan sepak bola bertajuk Liga Desa Nusantara 2019 seri Provinsi Sulawesi Selatan digelar di Lapangan Sepak Bola Bicari Desa Palambara’e Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.

Koordinator Liga Desa Nusantara Provinsi Sulawesi Selatan Syarif Lili dalam laporannya mengatakan bahwa Liga Desa Nusantara 2019  merupakan perhelatan kedua bergulirnya Liga tersebut. 

muhammad-ismak

“Dimana ditahun pertama Sulawesi Selatan mampu membanggakan dengan meraih prestasi gemilang dengan menjadi juara nasional liga desa Nusantara 2018 yang diwakili oleh Kabupaten Sidrap,” ujar Syarif.

 Syarif juga menyebutkan bahwa Tahun 2019 ini Liga Desa Nusantara diikuti 100 tim yang ada di 5 Kabupaten yaitu Kabupaten Engrekang, Kabupaten Sidrap, Kabupaten Barru, Kabupaten Takalar dan Kabupaten Bulukumba yang kali ini dipercayakan menjadi tuan rumah dengan  meliputi 1728 pemain sepak bola usia 19 Tahun. 



“Jika tahun sebelumnya pemain yang bermain di Liga Desa Nusantara adalah berusia 20 Tahun, Tahun ini kementerian PMD menetapkan pemain di Umur 19 Tahun yang bertujuan agar kelak dapat menghasilkan bibit pemain yang mampu bermain di Tim Nasional Indonesia U-20,” ungkapnya.

“Berbanggalah kelima kabupaten ini karena diantara 21 kabupaten dan 2 kotamadya, hanya 5 Kabupaten ini yang dipercayakan oleh Kementerian PMD melaksanakan liga Desa Nusantara,” lanjutnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Sulawesi Selatan, H. Sabaruddin yang membacakan sambutan Gubernur Sulsel meyampaikan apresiasi yang setinggi – tingginya terhadap panitia dan Pemerintah Kabupaten Bulukumba yang telah siap menjadi tuan rumah Liga Sepak Bola Desa Nusantara seri Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2019 

“Semoga dengan melalui liga sepak bola Desa Nusantara ini kita semua dapat bekerja lebih baik lagi dan menghasilkan karya nyata demi adanya perubahan sebagai bentuk manifestasi pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan Negara,” harapnya.

Sabaruddin juga mengatakan Turnamen atau liga sepak bola tersebut merupakan kompetisi olahraga yang banyak diminati. “Untuk itu kita semua selalu menjunjung tinggi sportifitas di lapangan dan hal ini pula dapat dijadikan sebagai ajang silaturrahmi sesama pemain sepak bola,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Bulukumba A.M Sukri Andi Sappewali yang membuka liga sepak bola tersebut dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai tuan rumah akan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik. 

“Saya berharap kepada panitia lokal untuk senantiasa melakukan koordinasi, agar segala permasalahan atau hambatan dilapangan dapat diantisipasi dan cari solusi peyelesaian yang ada,” ujarnya, Selasa kemarin (20/8/2019).

Lanjut A.M Sukri menuturkan bahwa liga Desa Nusantara tersebut merupakan program dari kementerian Desa untuk mencari bakat dan bibit pesepak bola handal yang berasal dari desa – desa di seluruh tanah air. 

“Hal ini sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Bulukumba yang bertekad dan komitmen untuk membangkitkan gairah semangat dalam melaksanakan berbagai cabang olah raga di butta panrita lopi, termasuk cabang olahraga sepak bola,” tambahnya.(*)

BACA JUGA