Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) tetap berlangsung di beberapa sekolah, Kamis (19/9/2019)

Plt Kadisdik Tunda Pelaksanaan Pilketos, Sekolah Tetap Gelar

Kamis, 19 September 2019 | 12:25 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) tetap berlangsung di beberapa sekolah, Kamis (19/9/2019). Meski sebelumnya ada perintah penundaan oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sulsel, Asri Sahrun Said.

Beberapa sekolah yang terpantau tetap menggelar Pilketos diantaranya SMAN 23 Bone, SMAN 9 Sinjai, SMAN 11 Sidrap dan SMAN 4 Soppeng. Proses pemilihan dilakukan menggunakan aplikasi melalui smartphone dan komputer, serta ada beberapa sekolah secara manual dengan kertas suara.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pembinaan SMA Disdik Sulsel, Sabri menjelaskan, penundaan Pilketos ini atas araham pimpinan. Dia diminta agar semua sekolah memberhentikan sementara rangkaian agenda Pilketos yang sementara berjalan. 

“Bukan batal, tetapi ditunda. Soal kapan berlanjut saya tidak tahu, kami cuma dapat pemberitahuan dari pimpinan seperti itu. Agar ditunda dulu sementara,” jelasnya.

Plt Kadisdik Sulsel, Asri Sahrun Said menjelaskan, alasan kesiapan menjadi penyebab ditundanya pelaksanaan Pilketos serentak di semua SMA dan SMK se-Sulsel. Menurutnya sistem, perangkat, dan sumber daya belum memadai. 

Kata dia pelaksanaan Pilketos ini tetap akan berjalan, ketika semua kesiapan sudah mantap. Entah pekan depan, sebulan ke depan, atau beberapa waktu setelahnya. Tidak dibatalkan. 

“Bukan batal, tetapi ditunda. Kalau sudah siap seminggu ke depan, kita gelar. Cuma sekarang belum siap, jadi kami tunda. Tergantung kesiapan,” tambahnya.(*)


BACA JUGA