Ribuan mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan di Jalan Urip Sumoharjo, Selasa (24/9/2019)

Ribuan Mahasiswa Unjuk Rasa di Depan DPRD Sulsel

Selasa, 24 September 2019 | 17:10 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Ribuan mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan di Jalan Urip Sumoharjo, Selasa (24/9/2019).

Mahasiswa tersebut merupakan gabungan dari seluruh universitas di Kota Makassar. Seperti Universitas Negeri Makassar, Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Muslim Indonesia (UMI), Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Universitas Muhammadiyah Makassar dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Dalam aksinya, mahasiswa menuntut anggota DPRD Sulsel untuk ikut mengawal penolakan Revisi Undang-undang (RUU) yang tidak pro rakyat.

“Kami hadir di sini bukan tanpa tujuan, kami datang ke sini untuk menyuarakan menolak RUU yang tidak pro rakyat,” ujar salah seorang demonstran dalam orasinya.

Salah satu RUU yang para pengunjuk rasa tolak adalah RUU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Para mahasiswa menilai bahwa RUU tersebut hanya akan melemahkan KPK.

“RUU KPK ini adanya pengawas dari pada KPK yang nantinya terbentuk yang akan melemahkan independensi dari KPK,” ungkapnya.

Selain itu, para pengunjuk rasa juga menilai adanya atau bahwa harus berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) bagi calon ketua juga dinilai akan dapat diintervensi oleh pemerintah.(*)


BACA JUGA