FOTO: Dr. Akbar Faizal saat mengikuti promosi doktor dan mempertahankan disertasinya di hadapan 7 professor di UNM Makassar/Kamis, 26 September 2019/Mirsan/GOSULSEL.COM

Tiga Jam Disidang oleh 7 Professor, Akbar Faisal Raih Summa Cum Laude

Kamis, 26 September 2019 | 15:41 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Promosi Doktor Akbar Faisal yang berlangsung selama tiga jam di Aaula Teater Gedung Phinisi UNM Makassar, Kamis (26/9/2019) setidaknya meraih dua record. 

Yang pertama, Akbar Faisal meraih Nilai Summa Cum Laude dan yang kedua dihadiri oleh ribuan orang menyaksikan Akbar mempertahankan disertasinya dihadapan enam guru besar serta 4 rektor. 

Akbar Faisal terlihat beberapakali meminum air putih saat tim promotor yang dipimpin oleh Rektor UNM Prof.Dr. Husain Syam mempersilahkan satu persatu guru besar memberi tanggapannya atas disertasi Akbar Faisal yang berjudul Oligarki Partai  Politik di Indonesia.  

Pasalnya sejumlah promotor tidak sekedar mempertanyakan isi disertasi namun juga bagaimana  disertasi tersebut dilaksanakan oleh Akbar Faizal selaku anggota DPR RI. 



Para guru besar tersebut nampak bersemangat jika diberi kesempatan untuk bertanya kepada Akbar.  Seperti Rektor UIN Alauddin, Prof Hamdan Juhannis. Pakar  komunikasi politik Prof Effendi Gozali,  guru besar Universitas Indonesia Prof. Dr. Haidar Akib, Prof. Dr. Hamsu Abdul Gani, Prof. Dr. Muh Tahir Kasnawi, dan Prof. Dr. Rifdan.  

“Saya sebagai politisi dan pemegang gelar akademik yang dibayangi kecemasan atas rendahnya kepercayaan publik terhadap niat baik dan partai politik terhadap negara,” kata Akbar saat membaca disertasinya selama 25 menit.  

 Usai membaca disertasinya, Husain Syam lalu mempersilahkan para penguji untuk menanggapi disertasi yang Akbar teliti. “Saya lihat ada kegelisahan dalam diri saudara Akbar Faisal” kata Hamsu Gani. 

Setiap tim penguji menanggapi disertasi Akbar, ratusan peserta yang menghadiri promosi ini memberikan aplaus.  

Promosi Akbar tidak hanya diuji oleh tujuh guru besar namun sejumlah tokoh juga nampak hadir di deret kursi paling depan. Seperti Menpan RB Safruddin, Menteri Perhubungan Budi Kary Sumadi, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, kolega Akbar dari Komisi 3 DPR RI, Supriansa anggota DPR RI terpilih dari Sulsel serta sederet tokoh lainnya.  

Sementara itu di akhir ujian, Prof Husain yang memimpin jalannya ujian promosi menyatakan bahwa Akbar Faisal berhak menyandang doktor serta mendapat nilai Summa Cum Laude. Seperti diketahui, nilai  summa cum Laude merupakan nilai tertinggi pada sebuah ujian promosi doktor setelah cum Laude dan magma cum Laude. Summa cum Laude artinya lulus dengan pujian terbanyak.(*)


BACA JUGA