39 Warga Sulsel di Wamena Dikembalikan ke Daerah Asal

Jumat, 04 Oktober 2019 | 18:07 Wita - Editor: Dilla Bahar -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM- Konflik yang terjadi di Wamena, Papua membuat warga asal Sulsel segera dievakuasi. Sudah 3 hari berturut-turut Lanud Hasanuddin dan pelabuhan Soekarno Hatta Makassar ramai oleh pengungsi.

Jum’at (4/10/2019) siang, sebanyak 50 warga sulsel berhasil dievakuasi dan tiba di Lanud Hasanuddin, Makassar. Pengungsi ini diterima oleh Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, dan Kabid Humas Polda Sulsel Dicky Sondani.

Dari 50 warga ini, 39 orang akan diberangkatkan kembali ke daerah asalnya yang mayoritas Toraja dan Palopo. 11 orang lainnya kembali melanjutkan perjalanannya ke Jakarta.

Iqbal Suhaeb yang melihat langsung keadaan para pengungsi berdialog dan menuturkan pemerintah kota Makassar siap memfasilitasi untuk kembali ke daerah asalnya.

“Saat ini ada 2 bus yang disiapkan pemerintah kota Makassar dan siap mengantarkan pengungsi ke kampung halamannya. Kami juga bersinergi dengan tim medis jika sekiranya ada hal yang urgent,” imbuh Iqbal.

Pengungsi kali ini yang mayoritas balita juga dihibur oleh Dicky Sondani dengan membagikan mainan serta mengajaknya untuk bernyanyi bersama agar menghilangkan rasa trauma yang sempat mereka rasakan.

“Mainan ini sengaja diberikan untuk membangun kembali tawa candanya yang sempat hilang beberapa hari ini. Rasa trauma yang mungkin saja ada, kami coba tepiskan dengan merangkul dan mengajaknya bernyanyi bersama,” ungkap Dicky.

Hingga hari ke tiga, total pengungsi yang dipulangkan dari Wamena, Papua sebanyak 557 orang, 194 orang diantaranya berasal dari Makassar. Diprediksi jumlah ini masih akan terus bertambah. (*)


BACA JUGA