Anak-anak korban kerusuhan di Wamena, Papua, asal Sinjai, saat berada di di rumah jabatan Bupati Sinjai, Senin (7/10/2019) malam
#

Pemda Sinjai Siap Sekolahkan Anak-Anak Pengungsi Wamena

Selasa, 08 Oktober 2019 | 12:33 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Izhar - Gosulsel.com

SINJAI, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kabupaten Sinjai memastikan anak-anak korban kerusuhan di Wamena, Papua, asal Sinjai bisa tetap melanjutkan pendidikan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial Sinjai, Drs H Muh Irvan di rumah jabatan Bupati Sinjai, Senin (7/10/2019) malam. 

muhammad-ismak

Sebelumnya, Irvan bersama dengan Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Sinjai A Jefri yanto Asapa menjemput sedikitnya 8 orang pengungsi pasca kerusuhan Wamena di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar dan tiba di Sinjai sekira pukul 18.35 WITA. Setibanya, para pengungsi di tampung di rujab untuk di data.

Sejauh ini hasilnya, mereka rata-rata warga Kecamatan Sinjai Utara dan didominasi anak-anak. Saat ini telah dilakukan assesment oleh tenaga pendamping Dinas Sosial untuk kemudian diserahkan ke keluarga masing-masing.

“Makanya Bapak bupati memerintahkan sekiranya anak-anak pengungsi tersebut sedianya bisa kembali bersekolah. Saat ini kita tinggal berkoordinasi dengan OPD khususnya dinas terkait. Jumlahnya ada enam orang anak rata-rata antara umur 7-14 tahun,” kata Irvan.

Irvan melanjutkan, imbas kejadian di Wamena setidaknya menghasilkan trauma yang mendalam bagi anak-anak. Banyak dari mereka yang tidak mau lagi melanjutkan sekolah di Wamena.

“Dinas Sosial tetap akan melakukan pendampingan bahkan diupayakan untuk melakukan penanganan trauma healing kepada keluarga tersebut, termasuk juga dengan penangganan nasib pendidikan anak-anak pengungsi,” jelasnya.(*)


BACA JUGA