Angkat Tema Pencegahan Stunting, Camat Pallangga Masuk 10 Besar Reformer Terbaik Diklatpim IX Gowa

Rabu, 09 Oktober 2019 | 12:26 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Camat Pallangga Taufik M Akib masuk dalam sepuluh (10) reformer terbaik dari 40 peserta pada Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) angkatan IX Kabupaten Gowa tahun 2019.

Taufik M Akib yang mengangkat judul laporan proyek perubahan ‘Sinergitas Stakeholder dalam Pencegahan Dini Stunting di Kecamatan Pallangga’ berhasil menjadi top sepuluh inovasi terbaik implementasi proyek perubahan pada Diklatpim IX Kabupaten Gowa 2019.

Ia menjelaskan bahwa, ketertarikannya mengangkat tema tersebut karena saat ini Stunting menjadi salah satu isu Nasional yang perlu penanganan.

“Stunting merupakan isu Nasional yang sangat viral akhir-akhir ini sehingga membuat saya tertarik untuk mengangkatnya dalam Proyek Perubahan dalam Latpim III ini,” kata Taufik M Akib.

Lanjutnya, pencegahan Stunting atau Dattulu’ sangat perlu dilakukan, karena Stunting dapat mengakibatkan Anak Kurang Gizi dan mudah terserang penyakit.

Olehnya itu, kata Taufik M Akib, untuk mencegah Stunting tentunya dibutuhkan kerja sama dengan pihak-pihak terkait khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Pallangga.

“Kami bekerja sama dengan Puskesmas Pallangga, Puskesmas Kampili, Pemerintah Desa dan Kelurahan bahu membahu dalam upaya pencegahan Stunting tersebut demu masa depan Anak Kita.

Ia menyebutkan bahwa pencegahan Stunting dapat dilakukan secara dini pada Ibu-ibu Hamil dengan cara menjaga kesehatan Ibu Hamil dan Kandungan, konsumsi makanan yang bervitamin dan bergizi tinggi. 

“Ada beberapa cara pencegahannya, antara lain, makanan yang bervitamin dan bergizi tinggi, pemeriksaan rutin dan berkala bagi Ibu Hamil, pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif, sanitasi dan konsumsi daun Kelor,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Sekda Kabupaten Gowa, H. Muchlis yang menutup kegiatan tersebut di Hotel Lynt Makassar, Selasa kemarin (8/10/2091) berharap peserta diklatpim angkatan IX dapat menghasilkan alumni yang tidak hanya memiliki kompetensi, tetapi mampu menunjukkan kinerja dalam memimpin perubahan di daerahnya masing-masing.(*)


BACA JUGA