Camat Parangloe, Mappatangka didampingi Sekcam Parangloe, Mappatunru foto bersama dengan aparat desa Lonjoboko disela kegiatan kunjungan kerja pekan lalu.

Kunker ke Desa/Kelurahan, Camat Parangloe Tekankan Sinergitas

Jumat, 11 Oktober 2019 | 18:55 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM–Camat Parangloe, Mappatangka didampingi Sekretaris Camat (Sekcam) Parangloe, Mappatunru melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) di wilayahnya belum lama ini. Dalam kunjungan kerja tersebut, kedua pejabat pemerintah kecamatan itu mengunjungi tujuh desa dan dua kelurahan.

Sekretaris Camat (Sekcam) Parangloe, Mappatunru menuturkan agenda kunjungan kerja bertujuan memperkuat komunikasi sesama aparatur pemerintahan. Mulai dari aparat tingkat kecamatan hingga aparat desa/kelurahan, dusun dan lingkungan.

“Banyak hal terkait proses pemerintahan serta sosial kemasyarakat yang perlu dikoordinasikan dengan aparat desa dan lurah. Melalui kunjungan kerja ini semua itu dibahas,” beber Sekcam Parangloe, Mappatunru. Jum’at (11/10/2019)

Mantan Lurah Bontoparang itu menegaskan, dalam kunjungan kerja itu, masalah sinergitas menjadi hal utama yang ditekankan kepada aparat desa. “Kepala desa dan perangkat desa harus saling bekerjasama. Agar sistem pemerintahan desa dapat berjalan dengan baik dan profesional,” terang Mappatunru.

Diakui Mappatunru, ada salah satu desa di wilayahnya yang internal pemerintahannya kurang harmonis. Kepala Desa dan perangkat desanya tidak saling akur. Itu terjadi, karena dipicu minimnya koordinasi diantara mereka.

“Jika hal itu dibiarkan berlarut-larut, maka nantinya masyarakat desa itu yang nanti jadi korban. Bisa berdampak negatif pada pelayanan di desa itu. Oleh karena itu, melalui kunjungan kerja ini, Pak Camat ingatkan kepada mereka untuk menguatkan sinergi. Apapun kebijakan Kepala Desa mesti dikoordinasikan dengan baik kepada perangkat desa,” tandas Mappatunru.

Camat Parangloe, Mappatangka menambahkan, selain soal sinergitas antara aparatur, kunjungan kerja ini juga dipaparkan tentang program pembangunan yang akan dilaksanakan. Baik oleh Pemkab Gowa maupun pemerintah kecamatan. Seperti program kebersihan dan infrastruktur. (*)


BACA JUGA