FOTO: Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa H. Muchlis meninjau langsung persiapan hingga lokasi perayaan puncak Hari Jadi Gowa (HJG) ke-699 Tahun yang akan digelar di Lapangan Parkir Gowa Discovery Park, Kawasan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong/Kamis, 14 November 2019/Junaid/GOSULSEL.COM

Sekda Gowa Tinjau Langsung Kesiapan Pelaksanaan Hari Jadi Gowa di Benteng Somba Opu

Jumat, 15 November 2019 | 09:23 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa H. Muchlis meninjau langsung persiapan hingga lokasi perayaan puncak Hari Jadi Gowa (HJG) ke-699 Tahun yang akan digelar di Lapangan Parkir Gowa Discovery Park, Kawasan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kamis (14/11/2019).

H. Muchlis mengatakan, pertemuan tersebut sebagai bentuk koordinasi dengan seluruh panitia untuk melihat kondisi lapangan langsung agar apa yang menjadi perencanaan dapat dilakukan dengan maksimal.

“Makanya hari ini kita tinjau, termasuk juga melihat bagaimana kesiapan pihak GDP sebagai pihak yang mendukung dan membantu acara kami,” kata H. Muchlis.

Lanjutnya, puncak HJG ke-699 Tahun  akan berlangsung pada Minggu, 17 November 2019 mendatang dan akan dihadiri langsung Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah bersama para kepala daerah se Sulsel.



“Kami juga mengundang wali kota dan bupati pada perayaan ini. Sementara untuk Bapak Gubernur Sulsel, beliau menyatakan akan hadir karena undangannya dibawakan langsung Bapak Bupati Gowa,” ujarnya.

Ia menyebutkan sekitar 1.000 undangan yang telah diedarkan pihak panitia dengan menggundang kepala desa/lurah, kepala dusun, pimpinan SKPD, pejabat forkopimda kabupaten dan provinsi.

Menurut Muchlis, pemilihan lapangan parkir GDP tersebut karena beberapa lokasi sebelumnya yang menjadi tempat perayaan masih dalam revitalisasi. Misalnya, lapangan Discovery Syekh Yusuf dan Balla Lompoa.

Selain itu, Muchlis juga mengatakan hal tersebut berkaitan dengan tema yang diangkat yaitu membangun keunggulan budaya lokal dalam memantapkan kinerja dan laju pembangunan.

“Ini sangat berkaitan dengan Kawasan Benteng Somba Opu yang merupakan pusat awal Kerajaan Gowa. Kita juga bisa melihat apa-apa yang perlu dilakukan perbaikan di sekitaran kawasan Benteng Somba Opu ini,” tutup Muchlis.

Sementara, Ketua Penyelenggara H. Sophian Hamdi mengungkapkan, pada perayaan HJG ke-699 Tahun telan dilakukan berbagai kegiatan. Mulai dari berbagai jenis perlombaan di antaranya, Pemilihan Taurungka dan Taulolo Gowa 2019, Gowa Youth Cup, tennis meja, trail run dan beberapa kegiatan lainnya.

Selain itu juga akan digelar Tabligh Akbar bersama Ustadz Adi Hidayat, Orasi Bupati Gowa pada Rapat Paripurna HJG, dan kunjungan ke Taman Makam Pahlawan Kabupaten Gowa.

“Khusus di puncak acara kami akan memberikan hiburan spesial dan pengumuman bagi para pemenang lomba serta pemberian penghargaan bagi kecamatan dan SKPD lingkup Pemkab Gowa,” tutupnya.(*)


BACA JUGA