Sebuah masjid yang berdiri kokoh di tengah hutan viral di media sosial. Masjid tersebut terletak di Kampung Langkoa Desa Bontoloe Kecamatan Bontolempangang Kabupaten Gowa.

Masjid Megah di Tengah Hutan Gowa Milik Pengusaha Kopi

Minggu, 24 November 2019 | 20:44 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Masjid megah yang berada di tengah hutan di Kampung Langkoa Desa Bontoloe Kecamatan Bontolempangang Kabupaten Gowa ternyata dibangun oleh seorang pengusaha kopi.

Pemilik Masjid megah yang tengah viral tersebut diketahui bernama H. Busli Saraka yang merupakan pengusaha asal Bugis yaitu Sengkang Kabupaten Wajo.

muhammad-ismak

Sekretaris Desa (Sekdes) Bontoloe, Lahuddin La’lang mengatakan bahwa masjid tersebut sudah lama berdiri yaitu sekitar 8 tahun yang lalu.

“Masjid itu sudah lama berdiri, barangkali sekitar delapan tahun yang lalu,” katanya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Minggu malam (24/11/2019).

Masjid yang memiliki 9 kubah tersebut berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 1 hektar bersama dengan rumah milik H. Busli Saraka.

“Lahan kopi di Bontoloe satu hektar yang dekat ada masjid. Kalau wilayah kebun semuanya itu ada sekitar 3 hektar barangkali,” ungkapnya.

H. Busli Saraka sendiri, kata Sekdes Bontoloe, jarang mengunjungi rumah dan kebunnya. “Dia jarang kesini, kadang datang hari jumat kalau pekerjanya gajian,” tambahnya.

Sementara itu, Arsitek lulusan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Muh Mustaqim Nur menuturkan bahwa model masjid megah itu disebut model Andalusia. “Kalau dilihat dari kubahnya mirip helm tempurnya Turki,” kata dia.(*)


BACA JUGA