PT Lingkaran Suara Indonesia (LSI) menggelar konferensi pers terkait hasil survei Kabupaten Gowa, di Hotel Mercure, Rabu (27/11/2019)

Survei LSI: Masyarakat Gowa Sangat Puas Dengan Kinerja Adnan Purichta

Rabu, 27 November 2019 | 15:25 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Masyarakat Kabupaten Gowa dominan sangat puas dengan kinerja dan kepemimpinan Adnan Purichta Ichsan sejak empat tahun terakhir menjabat sebagai Bupati Gowa. Hal ini tercermin dari riset yang dilakukan oleh lembaga survei PT Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang dilakukan pada tanggal 14 sampai 19 Oktober 2019.

“LSI memotret melalui hasi surveinya menyebutkan bahwa sebesar 83,75 persen masyarakat menyatakan sangat puas terhadap kinerja Adnan Purichta Ichsan. Selain itu, 80,68 persen masyarakat menilai pemerintahan Adnan sangat berhasil,” kata perwakilan riset PT LSI, Haerul Aman saat merilis hasil survei di Hotel Mercuri, Jalan AP. Pettarani, Makassar, Rabu (27/11/2019).

Dia melanjutkan, berdasarkan survei tersebut masyarakat Gowa menilai sangat puas akan keberhasilan petahana dalam mengatasi berbagai masalah umum yang muncul di Kabupaten Gowa. Tingkat kepuasan tertinggi yang diberikan masyarakat Gowa, yaitu keberhasilan incumbent dalam penanganan masalah keamanan sebesar 87,85 persen, pelayanan pendidikan sebesar 87,85 persen dan pelayanan masyarakat sebesar 86,47 persen.

“Selain itu masyarakat juga merasakan kepuasan yang tinggi terhadap keberhasilan pemerintah dalam penanganan masalah pelayanan publik, penegakan hukum, pelayanan air bersih, pelayanan fasilitas kebersihan, dan perbaikan tata kota dan penerangan jalan dengan persentase masyarakat yang menjawab puas masing-masing diatas 60 persen,” ungkap Haerul.



Tidak hanya itu saja, lima program pemerintah Kabupaten Gowa periode 2015-2020 dinilai berhasil oleh masyarakat. Haerul mengatakan bahwa dua program yang mencakup pelayanan kesehatan menjadi dua program yang dinilai paling berhasil, yaitu layanan kesehatan gratis dan proyek pembangunan puskesmas rawat inap dengan persentase masing-masing sebesar 78,86 persen dan 78,30 persen masyarakat memberikan penilaian berhasil.

“Selain itu program pemerintah dalam pembangunan fisik dari Masjid Agung Syekh Yusuf dan Syech Yusuf Discovery juga dinilai sangat – sangat berhasil dengan persentase sebesar 74,09 persen. Beautiful Malino dan sistem kelas tuntas berkelanjutan mencapai tingkat keberhasilan yang cukup tinggi. Yaitu masing-masing sebesar 57,95 persen dan 57,16 persen masyarakat memberikan penilaian berhasil terhadap kedua program tersebut,” ucapnya.

Tingkat kepuasan dan keberhasilan kinerja Adnan yang sangat tinggi, lanjut Haerul menjadikan Adnan tetap menjadi sosok yang sangat kuat untuk dipilih kembali masyarakat sebagai Bupati Gowa.

“Hasil riset LSI menunjukan bahwa sebesar 71,82 persen masyarakat menyatakan menginginkan Adnan kembali menjabat sebagai Bupati Gowa. Kepribadian yang baik dan keberhasilan program kerja incumbent menjadi alasan utama masyarakat Gowa untuk menginginkan incumbent,” tandasnya.(*)


BACA JUGA