Pemerintah Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa melakukan peninjauan di beberapa desa yang menjadi Daerah Aliran Sungai (DAS) Jeneberang, Rabu (4/12/2019)

Jelang Musim Penghujan, Camat Pallangga Tinjau Wilayah DAS Jeneberang

Rabu, 04 Desember 2019 | 22:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa melakukan peninjauan di beberapa desa yang menjadi Daerah Aliran Sungai (DAS) Jeneberang, Rabu (4/12/2019).

Camat Pallangga, Taufik M Akib mengatakan bahwa peninjau tersebut dilakukan jelang masuk musim penghujan. Mengingat beberapa desa di sekitar DAS Jeneberang menjadi langganan banjir setiap tahunnya.

muhammad-ismak

“Tadi saya bersama Sekcam dan Kasi Pembinaan Desa dan Kelurahan Kecamatan Pallangga memantau DAS Jeneberang. Karena sudah hampir musim hujan dan daerah menjadi langganan banjir,” kata Taufik M Akib.

Taufik M Akib mengungkapkan bahwa penyebab banjir yang terjadi di Pallangga karena meluapnya sungai Jeneberang akibat adanya penyempitan dan pendangkalan DAS Jeneberang.

Salah satu kelurahan yang mengalami dampak terparah akibat melupnya sungai Jeneberang adalah Kelurahan Pangkabinanga. Banjir yang terjadi di bulan Januari 2019 lalu ini mencapai atap rumah warga.

Sementara untuk mengantisipasi terjadinya banjir di beberapa desa dan keluarahan yang berada di sekita DAS Jeneberang, Taufik M Akib meminta masyarakat membersihakan saluran-saluran dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Olehnya itu Warga diimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan dan kerja bakti membersihkan saluran air,” harapnya.(*)


BACA JUGA