Bayi yang ditemukan di teras Masjid As Shiddiqin, Dusun Balangpunia, Desa Panaikang, Kecamatan Pattallassang, Gowa, Selasa, 17 Desember 2019 dalam perawatan bidan Puskesmas Pattallassang

Bayi Perempuan Ditemukan di Teras Masjid

Selasa, 17 Desember 2019 | 10:19 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM — Jarum jam menunjukkan pukul 03.00 dini hari Wita. Suara tangisan bayi memecah kesunyian Masjid As Shiddiqin, Dusun Balangpunia, Desa Panaikang, Kecamatan Pattallassang, Gowa, Selasa (17/12/2019).

Suara bayi itu berasal dari teras masjid. Entah siapa yang meletakkannya disitu. Imam Masjid Sul Amal yang bermalam di masjid itu terbangun. Kaget mendengar ada suara tangisan bayi.

Saat ditemukan, kondisi bayi terlihat sehat. Kini bayi berjenis perempuan itu berada di Puskesmas Pattallassang.

“Berat bayi 3,3 kg. Panjang 48 cm. Kondisinya sehat dan normal. Umur diperkirakan 3 atau 4 hari,” ujar bidan Puskesmas Pattallassang, Isna.

Menurut Isna, jika melihat kondisinya, bayi tersebut kemungkinan besar lahir di rumah sakit. “Ada penjepit berwarna biru di tali pusatnya. Masih melengket. Itu tanda pasien bayi yang lahir di rumah sakit,” beber dia.

Plt Kepala Puskesmas Pattallassang, H Muh Rusli Patau mengatakan penemuan bayi tersebut masuk wilayah Puskesmas Paccellekang. Meski demikian, pihaknya tetap memberikan perawatan insentif.  “Bayi itu aman dalam perawatan bidan Puskesmas Pattallassang,” katanya.

Kapolsek Bontomarannu, AKP Syarifuddin ketika dikonfirmasi, mengatakan penemuan bayi sementara dalam penyelidikan. “Anggota sementara bekerja di lapangan melakukan penyelidikan. Semoga pelaku yang membuang bayi di masjid itu bisa terungkap secepatnya,” tandas Syarifuddin.(*)


BACA JUGA