Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Nurdin Abdullah (kedua dari kanan) bersama Vice President Gojek Indonesia bagian Timur Anandita Danaatmadja (kedua dari kiri), Head of Excellence Regional Operations Gojek Muhammad Chairil (kiri) dan Ketua Badan Promosi Pariwisata Sulsel Akbar Nugraha SE, MM (kanan) saat penandatanganan nota kesepahaman antara Gojek dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar, Sabtu (21/12/2019)

Sulawesi Selatan Siap Tingkatkan Perekonomian Melalui Pemanfaatan Teknologi Digital

Sabtu, 21 Desember 2019 | 13:36 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Gojek menandatangani nota kesepahaman dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Nota Kesepahaman tersebut berisi komitmen Gojek dalam pemberdayaan UMKM, pengembangan pariwisata, pengembangan pendidikan teknologi literasi digital dan pembayaran digital di Sulawesi Selatan.

Gojek dan Pemprov SulSel juga secara bersama memfasilitasi mitra dalam pelatihan wirausaha, pengembangan sektor pariwisata khususnya kuliner, dan pemanfaat teknologi digital payment melalui Gopay.

pt-vale-indonesia

Salah satu komitmen yang ada dalam nota kesepahaman antara Gojek dan Pemprov Sulsel adalah program pelatihan wirausaha. Gojek berkomitmen untuk melatih puluhan ribu UMKM baik di kota-kota besar dengan dasar-dasar pengetahuan membangun bisnis dengan memanfaatkan teknologi agar menjadi naik kelas di era digital.

Tak hanya itu, pada kolaborasi ini Gojek juga berkomitmen menumbuhkan semangat wirausaha yang mengakselerasi ekonomi berbasis digital sehingga terjadi pemerataan ekonomi.

Vice President Gojek Indonesia Bagian Timur, Anandita Danaatmadja menyampaikan, “UMKM merupakan DNA Gojek. Tentunya kami saat ini semangat melihat keaktifan Pemerintah Indonesia melalui berbagai kementerian dan lembaga dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM,” ujar Anandita.

Lanjutnya, “Penandatangan nota kesepahaman ini merupakan bentuk komitmen Gojek untuk mendukung program prioritas pemerintah dalam mendorong pertumbuhan, pengembangan UMKM, pariwisata dan juga pembayaran digital di Sulawesi Selatan.”

Adapun isi nota kesepakatan kerjasama antara Gojek dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yaitu :

a. Pengembangan promosi potensi unggulan daerah

b. Pembinaan dan pengembangan komunitas pariwisata dan ekonomi kreatif di Sulawesi Selatan

c. Pembinaan dan pengembangan usaha kecil di Sulawesi Selatan melalui pelatihan dan fasilitasi pemasaran digital

d. Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan kewirausahaan dan fasilitasi akses lapangan pekerjaan

e. Pemanfaatan layanan GO-PAY sebagai metode pembayaran pada potensi pendapatan daerah di lokasi-lokasi yang dikelola oleh pemerintah Sulsel

f. Penguatan pendidikan teknologi dan literasi digital

g. Sosialisasi kepada masyarakat mengenai ramah lingkungan dan pengurangan sampah plastik
h. Peningkatan kelancaran keamanan serta ketertiban transportasi yang terintegrasi, aman dan terlacak, optimalisasi penggunaan dan layanan transportasi online di Sulawesi Selatan

i. Pengembangan pelaporan dan pelayanan publik di Sulawesi Selatan.(*)


BACA JUGA