FOTO: Bupati Wajo, Amran Mahmud memperharikan hasil kerajinan yang terbuat dari tanaman eceng gonok Danau Tempe, Wajo/Minggu, 29 Desember 2019/Ist
#

Bupati Wajo Rancang Danau Tempe Jadi Destinasi Tiga Dimensi

Senin, 30 Desember 2019 | 07:00 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

WAJO, GOSULSEL.COM – Bupati Wajo Amran Mahmud mengungkap keinginannya untuk menjadikan Danau Tempe sebagai destinasi wisata ternama di Sulawesi Selatan. Hal ini diungkapkan pada penyerahan bantuan peralatan sarana dan prasarana pengelolaan aceng gondok Danau Tempe Kabupaten Wajo di Kelurahan Salomenraleng, Minggu (29/12/2019).

“Upaya dan perhatian sekarang ini, kami merancang Danau Tempe menjadi sebuah destinasi wisata, dan akan menjadi sebuah ikon untuk menjadikan ikon pariwisata,” kata Amran.

Dia mengatakan, Danau Tempe bisa akan dijadikan sebagai destinasi tiga dimensi. Pertama menurut Amran, kejayaan perikanan di Danau Tempe harus kembali seperti dulu. Tak ada lagi yang menjadi kendala budi daya ikan.

Ia mengatakan, ikan gabus sangat memungkinkan dibudidayakan di Danau Tempe. Dimana ikan jenis ini, kata Amran bisa mejadi obat ataupun diolah menjadi bakso ikan.

“Fungsi kedua menjadi sumber air area persawahan. Kita juga bisa saksikan air yang melimpah di Danau Tempe. Kita akan melakukan kajian agar air ini bisa dimanfaatkan untuk sumber air persawahan. Seperti dinaikkan ke Bulu Cepo dan dialirkan ke pertanian bagian timur, sehingga dapat mengaliri sawah kurang lebih 20.000 hektare,” tutur Amran.

Ketiga adalah destinasi pariwisata. Amran mengatakan Danau Tempe harus bersih, indah dan terkelola dengan baik. Dikatakan Amran konsultan JICA yang berasal dari Jepang sudah berkomitmen untuk melakukan pendampingan pengembangan Danau Tempe Wajo.

“Insya Allah, JICA dari Jepang sudah berkomitmen untuk mendampingi kita. Membantu kita untuk mengelola produk-produk termasuk hasil olahan dari Danau Tempe, bukan hanya eceng gondok saja tapi ikan-ikannya, seperti ikan bungo yang dikeringkan,” ucap dia.

Untuk mendukung perkembangan wisata, sehingga hasil bumi di Danau Tempe bisa diolah menjadi produk oleh-oleh.

“Ini mau dilatih, bagaimana diciptakan pariwisata sendiri, sehingga orang bisa berbondong-bondong datang dan membawa uangnya di Wajo serta membelanjakan uangnya,” kata Amran.

“Kita akan mengedukasi masyarakat sekitar Danau Tempe, mulai Januari tahun depan nanti insya Allah, edukasi masyarakat sekitar Danau Tempe, supaya menjaga kebersihan di sekitarnya. Kemarin di Four Point Hotel Makassar sudah dipromosikan tentang makanan hasil-hasil dari Danau Tempe,” ungkapnya.(*)


BACA JUGA