Dua orang saudara sepupu di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, Sakaria Rasak,SE Dg.Ngalli' dan Askar Anwar,SE dilantik secara bersamaan sebagai kepala desa (Kades).

Kompak, Dua Saudara Sepupu Ini Kembali Jadi Kades di Gowa

Senin, 30 Desember 2019 | 17:46 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Dua orang saudara sepupu di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, Sakaria Rasak,SE Dg.Ngalli’ dan Askar Anwar,SE dilantik secara bersamaan sebagai kepala desa (Kades).

Sakaria Rasak, Dg. Ngalli merupakan anak dari pasangan Ayah H. Abd Rasak dan Hj.Syamsiah sementara Askar Anwar, merupakan anak dari pasangan Abd Rahman,SH (saat ini sebagai anggota DPRD Kabupaten Gowa yang juga mantan Kades Datara) dan Rosiyani HB.

Baik Sakaria Rasak, Dg.Ngalli maupun Askar Anwar, keduanya dilantik sebagai kepala desa di periode keduanya. Sakaria Rasak, Dg.Ngalli dilantik sebagai Kades Borimasunggu Kecamatan Biringbulu dan Askar anwar dilantik sebagai Kades Datara Kecamatan Tompobulu.

Sakaria Rasak, Dg. Ngalli mulai menjabat sebagai Kades Borimasunggu mulai pada tahun 2013 lalu dan berhasil terpilih kembali pada Pemilihan Kepala Desa serentak pada 2018 lalu. Begitupun dengan Askar anwar juga mulai menjabat Kades Datara pada 2013 lalu dan kembali terpilih pada Pilkades serentak 2018 lalu.

Keduanya dilantik langsung oleh Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan di Baruga Karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa Jalan Masjid Raya Sungguminasa, Senin (30/12/2019).

Bupati Adnan dalam sambutannya, berharap monmentum pekantikan tersebut dijadikan sebagai sebuah titik awal untuk menyelenggarakan pemerintahan desa, pembanguan desa pembinaan masyarakat serta pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesejateraan masyarakat yang ada di desa.

“Keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan desa sangat ditentukan peran kepala desa karena kepala desalah beserta aparatnya yang bersentuhan langsung dan mengetahui dinamika yang berkembang di tengah- tengah masyarakat,” harapnya.

Kepala desa disamping tugas pokoknya dan kewajibannya memimpin penyelenggaraan desa juga berkewajiban membina kehidupan bermasyarakat membina perekonomian desa memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat desa serta mendamaikan perselisihan yang terjadi di atara masyarakt.

“Bangun dan tingkatkan kerjasama dengan baik antara Badan Permusyawaratahn Desa (BPD) serta lembaga lembaga lainnya yang ada di seda dan kepala desa yang kemarin untuk bisa sama-sama membangun desa agar masyarakat yang ada di desa bisa lebih cepat sejahtera di masa yang akan datang,” tambahnya.

Sementara itu, Sakaria Rasak yang ditemui di sela-sela pelantikan mengatakan bahwa mengetakan bahwa kedepan ingin menuntaskan apa yang menjadi keinginan masyarakat Desa Borimasunggu terutama di bidang pertanian.

Begitupun dengan Askar anwar, selama enam tahun kedepan ia akan berusaha memperbaiki beberapa yang masih dianggap kurang.

“Insya Allah atas doa dan dukungan masyarakat Desa Datara di periode kedua saya Insya Allah apa yang menjadi kekurangan itu adalah PR saya selama 6 tahun kedepan untuk mencapai Desa Datara yang lebih baik di hari yang akan datang,” tandasnya.(*)


BACA JUGA