Camat Pallangga, Taufik M Akib melakukan peninjauan terhadap sejumlah daerah yang merupakan titik rawan banjir, Minggu (12/1/2020)

Camat Pallangga Pantau Titik Rawan Banjir

Minggu, 12 Januari 2020 | 22:20 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Camat Pallangga, Taufik M Akib melakukan peninjauan terhadap sejumlah daerah yang merupakan titik rawan banjir, Minggu (12/1/2020).

Salah satu yang didatangi yaitu Dusun Parangmalengu Desa Panakkukang. Menurutnya wilayah tersebut menjadi langganan banjir setiap tahunnya.

muhammad-ismak

“Tahun lalu di sini air sampai dada orang dewasa. Dan untuk saat ini sampai mata kaki,” kata Taufik M Akib.

Ia menyebutkan ada tiga daerah di Kecamatan Pallangga rawan banjir. Yaitu Dusun Bontorea Desa Pallangga, Dusun Parangmalengu Desa Panakkukang dan Dusun Raja Raja Desa Bungaejaya.

Menurutnya banjir tersebut akibat adanya luapan sungai karena masuk daerah aliran sungai (DAS) Je’neberang. “3 titik ini tiap tahunnya banjir di musim penghujan,” ungkapnya.

Olehnya itu, ia meminta agar warga tetap waspada mengingat daerah-daerah tersebut merupakan daerah yang rawan banjir di musim penghujan, dikarenakan adanya pendangkalan dan penyempitan Daerah Aliran Sungai Je’neberang.

Sementara itu, sebagai antisipasi terjadinya bencana, saat ini pihak Pemerintah Kecamatan Pallangga telah mendirikan Posko Siaga Bencana di Kantor Camat Pallangga dan seluruh Kantor Lurah dan Desa. Posko tersebut sudah berjalan selama satu minggu.

“Setiap harinya kami berjaga-jaga di Kantor Camat Pallangga. Kami melibatkan seluruh ASN lingkup Kantor Camat Pallangga, sementara di Kantor Desa dan Kelurahan kami libatkan seluruh Perangkat Desa dan Kelurahan hingga RT dan RW serta Babinsa dan Babinkantibmas,” jelasnya.(*)


BACA JUGA