Dinas PU Makassar: Pemeliharaan Drainase Dianggarkan Rp21 Milyar

Selasa, 14 Januari 2020 | 14:29 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kepala Bidang Bangunan Air Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Fuad Azis, mengatakan, persoalan drainase memang menjadi fokus pihaknya. Apalagi, saat musim hujan banjir dan genangan kerap terjadi.

Fuad menambahkan, saat hujan sedimentasi di drainase cepat penuh sehingga harus terus dibersihkan dan ada pemeliharaan drainase yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Untuk itu, Dinas PU menyiapkan anggaran sebesar Rp21 miliar.

“Sedimentasi di drainase itu cepat penuh jadi harus terus dibersihkan. Setiap tahun kita lakukan karena memang harus selalu ada pemeliharaan,” ujar Fuad, Selasa (14/1/2020).

Anggaran Rp21 miliar itu sudah dibagi dalam beberapa item, seperti anggaran material, bahan bakar, baju satgas, hingga gaji satgas drainase.



Pemeliharaan drainase, lanjutnya, akan dilakukan di seluruh kecamatan untuk memastikan saluran air di setiap kecamatan tidak tersumbat

“Gaji satgas itu Rp2,6 juta per bulan. Kita punya 480 satgas drainase. Belum lagi biaya operasional untuk memelihara drainase,” ungkapnya. (*)


BACA JUGA