Jawab Aduan, Dinas PU Makassar Bersihkan Sampah di Saluran Sekunder

Senin, 25 Maret 2024 | 19:50 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar menindaklanjuti laporan Lurah Baru, Kecamatan Ujung Pandang mengenai tumpukan sampah di saluran sekunder.

Satgas Paritta pun diturunkan untuk melakukan pembersihan demi mencegah saluran sekunder tersebut tidak tersumbat.

pt-vale-indonesia

“Jadi pada hari Sabtu, kita menerima laporan atau permohonan bahwa ada saluran sekunder yang tersumbat akibat tumpukan sampah yang terbawa aliran air, di jalan Balai Kota,” kata Kepala Dinas PU Makassar, Zuhaelsi Zubir, Senin (25/03/2024).

Zuhaelsi juga mengatakan bahwa laporan tersebut mesti ditindaklanjuti dengan cepat. Sebab bisa banjir atau genangan jika berlangsung hujan.

“Dikhawatirkan juga sampah yang tertumpuk jika dibiarkan bisa menyebabkan banjir dan genangan di daerah tersebut. Terlebih arah aliran airnya mengarah langsung ke pantai. Jangan sampai sampah tersebut turun ke pantai,” tutup Zuhaelsi.

Sementara itu, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Ronny Narra mengatakan, dirinya dan Satgas Paritta menindaklanjuti arahan Kadis PU Makassar, terkait permohonan Lurah Baru, Kecamatan Ujung Pandang.

“Kami terima laporan bahwa banyak tumpukan sampah di saluran sekunder yang melintas di sampingnya Museum Kota Makassar, yang berhubungan langsung ke arah pantai,” ujar Ronny.

Diungkapkan Ronny saluran tersebut tersumbat tumpukan parah. Sehingga perlu dilakukan penanganan serius.

“Jadi saluran air tersebut menuju ke pintu Balaikota terus ke arah jalan ke pelabuhan. Itu kami tindak lanjuti karena banyak sekali sampah. Kami dari tim Satgas Paritta bersama saya langsung turun melaksanakan pembersihan sampah tersebut,” ucapnya

Ronny menegaskan, setiap aduan atau permohonan dari warga dan lurah untuk bantuan pembersihan sampah senantiasa direspons dengan cepat.(*)


BACA JUGA