Bawaslu Gowa Akan Awasi Tahap Seleksi Perekrutan PPK KPU

Rabu, 15 Januari 2020 | 09:26 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawsalu) Kabupaten Gowa akan mengawasi tahapan seleksi perekrutan calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa.

Komisioner Bawaslu Gowa Koordiv. Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga (PHL) Bawaslu Gowa Juanto, mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan  untuk mendorong KPU agar memilih PPK yang berintegritas.

pt-vale-indonesia

“Bawaslu akan mengawasi Prosesnya, termasuk melakukan identifikasi para calon, ini penting agar KPU menfilter calon PPK dan mendorong lahirnya penyelenggara Pemilu yang berintegritas, berkomitmen mendorong demokrasi yang lebih sehat,” kata Juanto Senin (14/1/2020).

Lanjut Juanto, Bawaslu akan mengawasi soal proseduralnya, Proses Rekrutmennya dan ketaatan KPU menjalankan aturan Undang-undang Pilkada, PKPU dan Perbawaslu yang mengatur tentang pembentukan PPK.

“Kita lakukan pemantapan terkait pengawasan sesuai surat edaran Bawaslu RI perihal proses rekrutmen PPK di Kabupaten atau Kota,” lanjutanya.

Sebagai Langka pencegahan Bawaslu Kabupaten Gowa telah mengirimkan surat Imbauan dengan Nomor 0001/K.SN-06/PM.00.02/I/2020 ke Kantor KPU Kabupaten Gowa pada Senin kemarin (13/1/2020).(*)


BACA JUGA