Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melantik Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) se-Kabupaten Gowa masa jabatan 2019-2024 di Gedung Haji Bate, Rabu (12/2/2020).

Bupati Adnan Lantik Pengurus DPC dan PAC ABPEDNAS Kabupaten Gowa

Rabu, 12 Februari 2020 | 20:21 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melantik Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) se-Kabupaten Gowa masa jabatan 2019-2024 di Gedung Haji Bate, Rabu (12/2/2020).

Dalam sambutannya, Adnan mengatakan keberadaan ABPEDNAS di Kabupaten Gowa hampir sama kedudukannya dengan DPRD Kabupaten yakni sama-sama menyusun program untuk kesejahteraan masyarakat khususnya di tingkat desa.

“Jika di kabupaten ada DPRD maka di desa ada BPD (Badan Permusyawaratan Desa) yang akan menampung seluruh aspirasi dan masukan masyarakatnya yang tentunya bermuara terhadap kesejahteraan, sehingga ABPEDNAS ini bukan saingan dari Kepala Desa maupun DPRD tetapi sebagai mitra kerja untuk membangun Kabupaten Gowa jadi lebih baik,” ujar Adnan.

Lanjut Adnan, BPD merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan yang pengisiannya dilakukan secara demokratis dan mempunyai fungsi untuk membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama Kepala Desa seperti menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, serta melakukan pegawasan kinerja.

“Dari fungsi tersebut dapat dilihat peran BPD sangat besar dalam mengatur, memajukan dan mensejahterakan rakyatnya. Sehingga diharapkan bisa bekerja sebaik-baiknya demi terciptanya masyarakat desa yang sejahtera” tambah Adnan.

Orang nomor satu di Gowa ini juga menghimbau agar selalu melakukan komunikasi dan koordinasi serta memberikan saran dan masukan yang baik untuk kepentingan bersama mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

“Selamat atas pelantikannya dan Pemkab Gowa sangat mengapresiasi terbentuknya ABPEDNAS ini yang akan menjadi wadah saling sharing dan memberi masukan sehingga seluruh BPD memberikan keberhasilan disetiap desanya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPC ABPEDNAS Gowa, Syamsuddin mengatakan jumlah pengurus yang dilantik sebanyak 1086 orang dimana untuk pengurus DPC 35 orang, sedangkan pengurus PAC sebanyak 1051.

Syamsuddin mengaku akan selalu bekerjasama dengan pemerintah desa untuk menciptakan program nyata untuk Kabupaten Gowa agar kehadirannya di ABPEDNAS Gowa dapat dirasakan dampaknya oleh masyarakat desa.

“Kedepan kami akan bekerja dengan nyata dan selalu mendukung serta membantu Program Pemkab Gowa untuk Gowa yang semakin baik dimasa yang akan datang,” pungkasnya.

Berikut susunan pengurus DPC ABPEDNAS sebagai Ketua Syamsuddin, Wakil Ketua I Syaharuddin Rala, Wakil Ketua II Abdullah Nyomba, Wakil Ketua III Sawiang, Sekretaris Mansur Tompo, Wakil Sekretaris I Darwis, Wakil Sekretaris II Amiruddin Sidja, Bendahara Fatimah, Wakil Bendahara I Ibrahim Rurung dan Wakil Bendahara II Mustari Mangngasai.

Selain itu, Pelantikan tersebut juga turut dihadiri Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis Forkopimda Kabupaten Gowa, Ketua DPP ABPEDNAS, Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa, Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Gowa.(*)


BACA JUGA