Unhas dan Pemkab Sidrap melakukan penandatanganan MoU disela-sela peringatan Hari Jadi Sidrap ke-676 di Lapangan Upacara Kompleks SKPD, Selasa (18/2/2020)

Unhas Bakal Buka Sekolah Vokasi di Sidrap

Rabu, 19 Februari 2020 | 12:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

SIDRAP, GOSULSEL.COM — Universitas Hasanuddin (Unhas) saat ini tengah dipersiapkan dalam pembangunan Sekolah Vokasi di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap). Berkerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap, pihaknyapun telah melakukan penandatanganan MoU disela-sela peringatan Hari Jadi Sidrap ke-676 di Lapangan Upacara Kompleks SKPD, Selasa (18/2/2020).

Dalam sambutannya, Rektor Unhas, Dwia Aries Tina Pulubuhu mengatakan, bahwa perencanaan pembukaan sekolah ini tidak bakal terealisasi tanpa adanya kerjasama yang baik dari Pemkab Sidrap. Lantas, sekolah vokasi ini nantinya memiliki tujuan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. 

“Sebagai penghubung pendidikan tinggi di Indonesia, Unhas harus selalu terdepan dalam mendorong dan menarik gerbong peradaban dan kesejahteraan ekonomi. Keberadaan Unhas di Sidrap diharapkan mampu meningkatkan SDM Sulsel yang lebih maju dan unggul. Selain itu, kehadiran suatu kampus akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja di sekitarnya. Tentu ini menjadi manfaat lain bagi masyarakat dan pemerintah Kabupaten Sidrap,” katanya. 

Senada dengan Dwia, Bupati Sidrap, Dollah Mando juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Unhas atas kepercayaan yang diberikan kepada Pemkab. Kata dia, penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut diharapkan menjadi tonggak penting dalam pembangunan daerah di Sulsel khususnya Sidrap.

“Dengan kehadiran kampus Unhas, kami berharap Sidrap bisa menjadi pusat pengembangan daerah unggul di Sulsel dan memberikan dampak positif dalam peningkatan ekonomi masyarakat daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengapresiasi pemerintah Kabupaten Sidrap atas akselerasi percepatan pembangunan. Mantan Bupati Bantaeng ini menekankan bahwa Pemerintah Sidrap membuktikan perannya dalam mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada. 

“Kuncinya adalah sinergi dan kolaborasi. Kita berharap Sidenreng Rappang bisa menjaga keutuhannya. Saya mengapresiasi langkah maju yang dilakukan Sidendreng Rappang yang menghadirkan Unhas. Ini langkah yang sangat bagus. Pada dasarnya pembangunan yang berkelanjutan dan bermanfaat berasal dari Perguruan Tinggi sebagai dapur kebijakan,” kata pria asal Parepare ini.

Rencananya, Sekolah Vokasi ini akan dibuka program awal yakni Diploma 4 (D4) Produksi Ternak dan D4 Produksi Pangan. Hal ini disesuaikan dengan visi misi dari Kabupaten Sidrap. Kampus Unhas Sidrap sendiri menggunakan bangunan yang disiapkan oleh Pemkab Sidrap.(*)

Reporter: Agung Eka


BACA JUGA