Perencanaan Pembangunan Proyek Fisik Dinas PU Makassar Masih Kosong

Kamis, 19 Maret 2020 | 15:40 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Percepatan pembangunan proyek fisik di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar hingga triwulan pertama masih dalam tahap persiapan. Proyek fisik Dinas PU terkendala penyesuaian dokumen perencanaan.

Plt Kepala Badan Pengadaan Barang dan Jasa, Surahman S mengatakan, pihaknya akan melakukan monitoring evaluasi, sekaligus pendampingan jika ada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang masih belum paham.

“PU untuk sementara ini masih dalam tahap persiapan karena masih ada penyesuaian-penyesuaian dokumen perencanaan. Kalau proyek fisik ada dokumen perencanaannya dulu, ada juga pengawasnya dan ada pelaksananya,” ujar Suharman.

Pelaksanaan fisik tidak boleh jalan sebelum ada perencanaan yang masuk. Nah ini kami berusaha memonitoring masalah ini, kami berusaha untuk memberikan masukan-masukan kalau membutuhkan pendamping, kami siap mendampingi,” sambung Surahman, Kamis (19 /03/2020).

Diungkapkan Surahman, saat penginputan Rencana Umum Pengadaan (RUP) Dinas PU, telah memasukkan jadwal pelaksanaan kerjanya. Namun, setelah melihat jadwal dengan kondisi saat ini, proyek tender diprediksi akan molor.

“Setelah kami mencoba mencari informasi ternyata katanya masih ada penyesuaian dan perbaikan terkait dokumen perencanaan tahun sebelumnya,” ucapnya.

Surahman mengatakan terkendalanya perencanaan pembangunan proyek fisik di Dinas PU Makassar. Dikarenakan belum ada perencanaan yang masuk.

“Kan begini, ada sebagian OPD yang baru tahun ini mempunyai paket tender. Itu akibat dari pasal di Perpres 19 tentang konsultasi pengadaan. Yang tadinya masih PL dibawah 200 kemudian dikasih konsolidasi itu menjadi paket tender,” tutupnya. (*)


BACA JUGA