Diikuti 444 Peserta, Pesan Hijau dari Nipah Menjadi Ajang Kompetisi Nasional

Kamis, 26 Maret 2020 | 20:19 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Maraknya kasus Covid-19 tidak membendung semangat dan kreativitas seluruh peserta lomba desain iklan layanan masyarakat, dengan mengusung tema Pesan Hijau dari Nipah.

Sebanyak 444 peserta berhasil bergabung dalam ajang kompetisi yang digelar oleh manajemen Nipah Mall, dengan melakukan registrasi pendaftaran secara online. Pendaftaran online telah dibuka dari tanggal 8 – 17 Maret 2020 lalu, yang di informasikan melalui akun sosial media instagram @malnipah.

Selain mendorong kreativitas anak muda Makassar bahkan Indonesia, melalui ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh pihak manajemen Nipah Mall dapat mempopulerkan kembali kesadaran akan gaya hidup yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan. Lomba desain iklan layanan masyarakat mendapat sambutan dan respon positif dari masyarakat, ditandai melalui jumlah peserta yang ikut bergabung.

“Hal ini menandakan, bahwa anak muda Indonesia sangat senang dengan kegiatan seperti ini, dan membutuhkan kompetisi tersebut sebagai salah satu wadah untuk unjuk kebolehan sekaligus mengasah kreativitas seluruh peserta. Secara bakat, seluruh hasil karya peserta lomba sangat bagus dan tidak perlu diragukan lagi. Senang bisa terlibat langsung dalam ajang kompetensi ini, karema dapat melihat buah kreativitas anak muda,” ungkap Akbar Zakaria selaku Graphic Desaigner sekaligus salah satu juri lomba desain iklan layanan masyarakat.



“Dalam mencari karya terbaik dari seluruh peserta lomba untuk menentukan pemenang, para juri menetapkan parameter dalam menilai hasil karya seluruh peserta, diantaranya parameter teknis, komunikasi, dan orisinalitas. Dimana penilaian dari parameter teknis meliputi warna, komposisi, dan kontras, dari hasil karya peserta. Sedangkan dari parameter komunikasi berkaitan dengan seberapa mudah karya tersebut dipahami dan mempengaruhi audiens. Sementara untuk parameter orisinalitas merupakan penilaian dari keaslian sebuah karya peserta dengan menggunakan metode paling efektif dan efisien. Menilai sebuah karya adalah pekerjaan kognitif yang menuntut kreativitas serta menguras energi. Bahkan sangat riskan menilai semua karya dalam satu waktu, karena konsistensi standar penilaian bisa hilang,” tambahnya.

Sementara Richard Abraham selaku General Manager Nipah Mall & Office building, dalam penjelasannya, “Awalnya ajang kompetisi ini ditargetkan panitia hanya diikuti oleh anak muda Makassar, namun melihat antusian peserta, akhirnya lomba design tersebut menjadi kompetisi nasional yang diikuti oleh anak muda yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Saat ini, sebanyak 114 peserta telah mengumpulkan karyanya kepada tim juri. Penilaian hasil karya dibagi menjadi 2 tahap, yakni tahap pertama menentukan 10 besar finalis yang telah berlangsung dari tanggal 21 – 24 Maret 2020, sedangkan penilaian tahap kedua untuk menentukan pemenang 1,2,3,dan favorit dimulai tanggal 27 – 28 Maret 2020,” imbuhnya.

Pemenang lomba desain iklan layanan masyarakat akan diumumkan pihak manajemen Nipah Mall pada tanggal 29 Maret 2020, secara online melalui akun instagram @malnipah. Seluruh hasil karya peserta akan dipajang melalui pameran karya, dan akan berlangsung di Atrium Nipah Mall tanggal 5 April 2020.(*)


BACA JUGA