Konferensi pers PMB ITB Kalla yang berlangsung di Bikin Bikin Nipah Mall, Senin (10/01/2022)

ITB Kalla Dorong Mahasiswa Jadi Enterpreneur, Bisa Ciptakan Lapangan Kerja

Senin, 10 Januari 2022 | 22:47 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Jumlah lulusan strata satu atau S1 di Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 2019 sebanyak 59.567 orang. Sementara pemenuhan tenaga kerja hanya 11.253.

Tiap tahun angka pengangguran meningkat lantaran lapangan kerja terbatas. Berdasarkan tingkat provinsi, Sulsel menempati posisi 10 angka pengangguran tertinggi di Indonesia.

pt-vale-indonesia

Berkaca pada data tersebut, Institusi Teknologi dan Bisnis (ITB) Kalla telah merancang model pendidikan. Di mana mampu merangsang wawasan mahasiswa soal bisnis.

“Hampir tiap bulan kita datangkan praktisi biar rasio wawasan mahasiswa berkembang,” ungkap Rektor ITB Kalla, Syamril, Senin (10/01/2022).

Berbeda dengan kampus lain, kampus yang berada di kawasan Nipah Mall ini justru berani merekrut dosen muda. Kehadirannya diharapkan menjadikan suasana dan proses pembelajaran berjalan santai dan tak terkesan kaku.

“Jadi kalau mereka jalan bareng, kita tidak tahu mana dosen mana mahasiswa,” tambah Syamril.

Lebih jauh, Syamril juga mengatakan bahwa saat ini jumlah mahasiswa aktif di ITB Kalla sebanyak 123 orang. Tiap tahun, ITB hanya menerima 100 mahasiswa.

Menurut Syamril, ITB Kalla sejak awal menenkankan pada kualitas pendidikan. Hal itu terlihat dari persentasi jumlah mahasiswa dan dosen satu banding empat.

“Kami ingin hadir di Makassar dengan misi melahirkan pengusaha dan profesional di masa depan. Bukan hanya sekadar pencari kerja,” ucapnya.

Selain itu, juga ada mata kuliah personel development. Yang mana meliputi segala kegiatan yang meningkatkan kesadaran identitas diri, mengembangkan bakat dan potensi, membangun sumber daya manusia dan memfasilitasi kinerja.

“Jadi segala permasalahan mahasiswa akan dimentoring dengan baik,” tandas Syamril.(*)


BACA JUGA